[Hands-On] Mencoba Samsung Galaxy M20: Smartphone 2 Jutaan dengan Baterai Besar dan Layar Infinity-V

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

[Hands-On] Mencoba Samsung Galaxy M20: Smartphone 2 Jutaan dengan Baterai Besar dan Layar Infinity-V

[Hands-On] Mencoba Samsung Galaxy M20: Smartphone 2 Jutaan dengan Baterai Besar dan Layar Infinity-V

KEPONEWS.COM - [Hands-On] Mencoba Samsung Galaxy M20: Smartphone 2 Jutaan dengan Baterai Besar dan Layar Infinity-V Samsung akhirnya meluncurkan Galaxy M20 di Indonesia. Selain menjadi seri M pertama yang muncul di Tanah Air, smartphone yang dibanderol 2,8 juta rupiah ini juga tampil menggiurkan berkat keberadaan b...
Loading...

Samsung akhirnya meluncurkan Galaxy M20 di Indonesia. Selain menjadi seri M pertama yang muncul di Tanah Air, smartphone yang dibanderol 2,8 juta rupiah ini juga tampil menggiurkan berkat keberadaan baterai 5.000 mAh yang menjadi nilai jual utamanya.

Dalam acara yang digelar di Jakarta, Senin (11/2), kami berkesempatan untuk mencoba langsung seperti apa kecanggihan yang ditawarkan Galaxy M20. Ternyata, selain baterai fasilitas lainnya pun cukup menarik.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan singkat kami.

Layar Infinity-V 6,3 inci, bodi ramping

Berbeda dengan smartphone Samsung sebelumnya, Galaxy M20 mengusung desain layar Infinity-V. Memang tampilan seperti ini sesungguhnya bukan hal yang baru karena sudah diadopsi oleh banyak sekali brand lainnya dengan sebutan waterdrop atau tetesan air.

Dari lembar spesifikasi, terlihat bahwa Galaxy M20 dibekali layar dengan ukuran yang besar, adalah 6,3 inci. Meski begitu, perpaduan desain Infinity-V dengan bezel yang tipis membuat dimensi smartphone secara keseluruhan tidak berlebihan.

Ini artinya, bodi Galaxy M20 tetap ramping sehingga nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan saja. Selain itu, ketebalannya juga masih di angka 8,8 mm. Selain enak dipegang, Galaxy M20 juga mudah dimasukkan ke dalam saku celana.

Sedikit membahas materialnnya, smartphone mempunyai bodi berbahan polycarbonate yang dilapisi dengan finishing glossy untuk memberi kesan premium. Varian yang kami coba merupakan yang berwarna Charcoal Black. Sementara varian lainnya yang bisa Kamu pilih menunjukkan warna Ocean Blue.

Di bagian depan tentunya didominasi nyaris sepenuhnya oleh layar. Walaupun layarnya bukan IPS apalagi AMOLED, melainkan PLS TFT, tapi dari segi ketajaman, tingkat kecerahan, dan warna yang disajikan semuanya tampak amat baik.

Nah, ini yang menarik. Samsung Galaxy M20 sudah didukung sertifikasi Widevine L1, yang artinya sudah mengantongi syarat untuk streaming HD dari Netflix. Dengan layar 6,3 yang besar dan tajam tersebut, pastinya akan lebih asyik menikmati film favorit Kamu dalam resolusi yang tinggi pula!

Beralih ke bagian punggungnya, Kamu akan menemukan konfigurasi kamera ganda beserta sensor sidik jari. Perlu diketahui, seperti pada kebanyakan smartphone berbahan serupa, bagian punggung Galaxy M20 juga menjadi magnet sidik jari.

Soal ketersediaan slot, Samsung menyediakan tiga tempat yang ditujukan untuk Dual-SIM serta satu slot terdedikasi untuk microSD. Oh iya, ada satu hal lain yang amat kami sukai. Meski berstatus sebagai smartphone 2 jutaan rupiah, ternyata Galaxy M20 sudah memakai port USB Type-C.

Baterai 5.000 mAh dengan fast charging

Dari sektor performa, smartphone ini dipersenjatai SoC Exynos 7904 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Sewaktu peluncuran di India memang ada varian dengan RAM 4 GB, tapi tidak diketahui apakah nantinya akan diluncurkan juga di Indonesia atau tidak.

Exynos 7904 sendiri merupakan SoC baru yang untuk memberikan performa multimedia yang mumpuni pada smartphone terjangkau. Exynos 7904 mempunyai prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex-A73 1.8 GHz untuk menunjang performa, serta 6-core hemat daya Cortex-A53 berkecepatan 1.6 GHz. Menarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa kemampuan dari chipset ini, khususnya saat digunakan untuk bermain game. Kalau penasaran, tunggu saja ulasan yang lebih lengkap di berita review kami.

Soal baterai, seperti diketahui Samsung menanamkan kapasitas 5.000 mAh yang tergolong super besar. Tidak hanya menjanjikan daya tahan yang lama, baterai ini juga sudah didukung fast charging dan diklaim bisa diisi ulang hingga penuh hanya dalam waktu 145 menit (memakai charger bawaan)!

Mencoba kemampuan kamera

Untuk yang gemar memotret, Kamu disuguhkan kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel lensa normal dan 5 megapixel lensa ultra-wide 120 derajat. Untuk selfie, ada kamera depan 8 megapixel. Baik kamera belakang maupun kamera depan mempunyai mode Live Focus untuk menciptakan foto dengan efek bokeh.

Kami sempat mencoba sebentar kemampuan kamera dari Galaxy M20 di Haluu World Jakarta (Plaza Indonesia). Bagi yang belum tahu, Haluu ialah spot foto-foto kekinian yang bisa dibilang cukup pas untuk menguji kemampuan kamera. Pasalnya, di Haluu Kamu akan menemukan banyak sekali lokasi mulai dari yang didukung cahaya memadai hingga low-light.

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Menurut kami, untuk sebuah smartphone seharga 2,8 juta rupiah, Galaxy M20 punya kamera yang lumayan. Hasil fotonya cukup tajam bila berada di tempat terang, meski kurang maksimal untuk pemotretan minim cahaya.

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (17)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (20)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (1)

Hasil foto Samsung Galaxy M20 (12)

Lensa ultra-wide 120 derajat pada Galaxy M20 juga amat berguna untuk mendapatkan foto yang lebih luas di lokasi yang sempit. Sementara mode Live Focus-nya sekilas terlihat oke, tapi harus melalui pengujian lebih jauh.

Kesimpulan awal

Dari percobaan awal kami selama beberapa jam, kesan pertama yang kami dapatkan dari Galaxy M20 cukup positif. Ternyata smartphone ini bukan cuma soal baterai besar saja. Fasilitas lainnya pun cukup oke di kelas harganya.

Mungkin sebagian dari Kamu ada yang penasaran, dengan harga yang lebih mahal dari harga resmi di India, kenapa bukan varian RAM 4 GB yang dijual di Indonesia mengingat banderolnya sudah mencapai 2,8 juta rupiah?

Menurut Samsung, setiap perwakilan mereka di masing-masing negara memang punya kebijakannya sendiri. Dan penetapan harga Galaxy M20 di Indonesia tentunya sudah melihat kompetisi dengan brand lainnya. Apapun itu, Galaxy M20 ialah smartphone yang cukup menggiurkan dengan baterai 5.000 mAh plus dukungan fast charging. Chipset-nya juga baru serta layarnya pun oke. Dan hey, ini Samsung lho!

Kalau Kamu masih penasaran dengan Galaxy M20, nantikan saja review lengkap kami dalam waktu dekat! Tapi bila sudah terlanjur berminat, smartphone ini akan dijual melalui Lazada.co.id, JD.ID, dan Blibli.com mulai 14 Februari 2019.

Spesifikasi Samsung Galaxy M20 Layar PLS TFT 6,3 inci Full HD+ SoC Exynox 7904 octa-core RAM 3 GB Memori internal 32 GB (slot microSD hingga 512 GB) Kamera belakang 13 megapixel + 5 megapixel (ultra-wide) Kamera depan 8 megapixel Baterai 5.000 mAh dengan fast charging Konekvitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, USB Type-C Fasilitas Sensor sidik jari, face unlock Warna Charcoal Black, Ocean Blue

Related

Komentar
Loading...
Loading...

Comments