[Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE

Games

Updates / Games

[Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE

[Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE

KEPONEWS.COM - [Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE Vivo belum lama ini meluncurkan smartphone seri terbarunya untuk pasar Indonesia, adalah Z1 Pro. Kehadirannya terbilang mengejutkan, karena meski menunjukkan spesifikasi yang menggiurkan, harga jualny...
Loading...

Vivo belum lama ini meluncurkan smartphone seri terbarunya untuk pasar Indonesia, adalah Z1 Pro. Kehadirannya terbilang mengejutkan, karena meski menunjukkan spesifikasi yang menggiurkan, harga jualnya justru amat kompetitif.

Sektor utama yang menjadi daya tarik Vivo Z1 Pro merupakan hardware penunjang performa. Smartphone ini dipersenjatai SoC yang tergolong kencang, adalah Snapdragon 712 AIE, termasuk untuk urusan gaming.

Nah, penasaran seperti apa pengalaman yang ditawarkan Vivo Z1 Pro ketika digunakan untuk menjalankan game-game populer masa kini? Yuk, simak ulasan singkat kami:

Desain standar, bobot lumayan

[Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE 2

Sebelum masuk ke pembahasan performa gaming-nya, pertama kita lihat dulu sisi eksterior dari Vivo Z1 Pro. Sekilas memang tidak ada yang spesial pada desain perangkat ini. Kurang lebih, mirip dengan kebanyakan smartphone yang ada sekarang.

Di depan Kamu disuguhkan layar Ultra O Screen 6,53 inci Full HD+. O-screen di sini maksudnya merupakan ada lubang kecil di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie. Apakah lubang tersebut akan mengganggu saat bermain game? Kita coba nanti.

Beralih ke belakang. Vivo Z1 Pro muncul dengan dua pilihan warna Sonic Black dan Sonic Blue. Kedua varian ini dihiasi gradasi warna khas produk masa kini. Di bagian ini pula Vivo menanamkan sensor sidik jari beserta AI Triple Camera yang disusun vertikal.

[Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE 4

Vivo Z1 Pro tergolong masih nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Meski begitu, dibanding smartphone lain di kelasnya, bobotnya sedikit di atas rata-rata tapi masih dalam taraf yang tidak berlebihan. Tentunya hal itu juga dipengaruhi oleh baterai besar 5.000 mAh di dalamnya.

Smartphone ini masih memakai port microUSB, belum Type-C. Slot yang diberikan ada tiga, dua untuk SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD.

Gaming lancar, baterai besar

Vivo Z1 Pro mengusung tagline Powerful Inside dengan SoC bertenaga yang tertanam di dalamnya. Kamu disajikan chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan CPU octa-core Kryo 360 berkecepatan 2.3 GHz, dan GPU Adreno 616 yang dijanjikan bisa memberikan kemampuan rendering grafis 45 persen lebih cepat dibanding Snapdragon 660.

Tidak hanya kencang, chipset dengan fabrikasi 10nm ini juga dijanjikan mempunyai manajemen daya yang lebih baik sehingga lebih efisien. Bersama dengan baterai 5.000 mAh, kombinasinya terlihat cocok untuk menunjang kebutuhan para penggemar mobile gaming.

Hasilnya memang sesuai sangkaan. Untuk penggunaan standar jelas tidak ada masalah sama sekali. Semua terasa ringan dan lancar, dan ketika beralih dari satu software ke software lainnya pun begitu responsif. Kami juga sudah mencoba menjalankan beberapa game populer, antara lain:

PUBG Mobile

[Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE 6

Untuk PUBG Mobile, Vivo Z1 Pro dapat menyokong setting grafis HD dengan frame rate High, atau Smooth dengan frame rate Ultra. Selama bermain di pengaturan ini, kami merasa frame rate yang dihasilkan cukup stabil dan nyaman, bahkan ketika scene yang cukup ramai sekalipun.

Mobile Legends: Bang Bang

Game yang satu ini bisa dijalankan dengan mudah di setting paling tinggi. Lancar tanpa ada frame rate drop yang mengganggu. Tapi hingga berita ini dibuat, belum ada dukungan untuk mode High Frame Rate karena Snapdragon 712 AIE tergolong chipset baru.

Asphalt 9

[Hands-On] Mencoba Kemampuan Gaming Vivo Z1 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Snapdragon 712 AIE 8

Asphalt 9 menjadi salah satu game racing paling populer yang sekaligus menuntut kemampuan hardware yang lumayan berat. Di Vivo Z1 Pro, game ini juga bisa dijalankan dengan mulus dan stabil.

Kesimpulan awal

Siapa yang menyangka Vivo tiba-tiba meluncurkan sebuah smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni untuk gaming, tapi harganya masih tergolong terjangkau. Sebuah langkah yang berbeda bila melihat kiprah Vivo di Indonesia selama beberapa tahun belakangan.

Kesan pertama kami terhadap Vivo Z1 Pro jelas sangat positif. Kamu yang gemar bermain game dan tidak mau sering kehabisan baterai wajib menjadikan smartphone ini sebagai sasaran belanja. Lubang kamera selfie di bagian layar sendiri ternyata sama sekali tidak mengganggu controller virtual di beberapa game yang kami mainkan. Untuk review yang lengkap, pantau terus Yangcanggih.com ya!

Comments