Hampir Mirip, Inilah Bedanya Sakit Maag dengan GERD

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hampir Mirip, Inilah Bedanya Sakit Maag dengan GERD

Hampir Mirip, Inilah Bedanya Sakit Maag dengan GERD

KEPONEWS.COM - Hampir Mirip, Inilah Bedanya Sakit Maag dengan GERD Banyak orang di Indonesia yang masih belum mengetahui mengenai perbedaan antara GERD dan penyakit maag. Sekilas, penyakit ini seperti sama. Sama-sama menyerang lambung. Namun ternyata, maag dengan GER...
Loading...

Banyak orang di Indonesia yang masih belum mengetahui mengenai perbedaan antara GERD dan penyakit maag. Sekilas, penyakit ini seperti sama. Sama-sama menyerang lambung. Namun ternyata, maag dengan GERD mempunyai definisi yang berbeda.

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) sendiri merupakan asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan (re-flux) yang disebabkan oleh katup lambung yang tidak berfungsi secara optimal. Penderita GERD juga biasanya sudah pasti penderita maag. Sedangkan, maag ialah radang lambung yang berupa kerusakan pada dinding lambung karena dari produksi asam lambung dan reaksi inflamasi yang berlebihan.

Gejala yang terjadi pada kedua penyakit tersebut hampir sama. GERD yang tidak diterapi dengan baik akan menyebabkan komplikasi, antara lain perdarahan, penyempitan kerongkongan, dan berisiko memicu kanker kerongkongan.

Perempuan memegang perut

Dilansir dari NakedPress, Rabu (19/6/2019), inilah beberapa penyebab utama yang dapat menimbulkan penyakit maag dan gerd.

1. Sering makan sembarangan

Makan-makanan berminyak, manis-manis, micin, junk food dan pola makan yang berantakan dapat meningkatkan produksi asam lambung dan reaksi radang yang akan memperparah pengikisan dinding lambung.

2. Stres berlebihan dan berkepanjangan

Bila kamu mengalami stres yang berlebihan hal tersebut dapat menyebabkan reaksi radang di lambung meningkat dan ikut meningkatkan produksi asam lambung

3. Kurang makan sayur buah

Sering kali kita mengabaikan makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran yang sangat penting bagi tubuh kita. Makanan tersebut perlu dikonsumsi secara rajin karena bakteri baik dalam tubuh perlu nutrisi yang cukup agar asam lambung tidak naik secara terus menerus dan memicu maag dan GERD.

Meskipun maag dan GERD sedikit berbeda, namun cara dalam mengatasinya sama. Hindari makanan pedas dan asam, pola makan lebih teratur, tidur teratur, hindari kopi, teh, dan alkohol, serta rajin detox 1 hari setiap minggu.

(tam)

Comments