Hampir 2 Juta Pengemudi Mobil Akui Nyetir dalam Pengaruh Alkohol

Otomotif

News / Otomotif

Hampir 2 Juta Pengemudi Mobil Akui Nyetir dalam Pengaruh Alkohol

Hampir 2 Juta Pengemudi Mobil Akui Nyetir dalam Pengaruh Alkohol

KEPONEWS.COM - Hampir 2 Juta Pengemudi Mobil Akui Nyetir dalam Pengaruh Alkohol LONDON - Tingkat pengendara yang mengemudi dalam pengaruh alkohol mencapai angka yang mengkhawatirkan. Terlebih, setelah riset terbaru menyebut sekitar 1,6 juta pengemudi mengaku mengemudi usai mengon...

LONDON - Tingkat pengendara yang mengemudi dalam pengaruh alkohol mencapai angka yang mengkhawatirkan. Terlebih, setelah riset terbaru menyebut sekitar 1,6 juta pengemudi mengaku mengemudi usai mengonsumsi alkohol melebihi batas aman. Penelitian yang dilakukan lembaga asuransi Inggris, Direct Line itu mengambil sampel dari para pengendara berusia 55 tahun ke atas.

Angka tersebut masih dapat bertambah dengan 3,6 juta responden survei mengaku, tidak terlalu pasti seberapa banyak alkohol yang mereka konsumsi sebelum berkendara. Penelitian ini membuktikan warga senior Inggris belum sepenuhnya mewaspadai bahaya pengaruh alkohol saat mengemduikan kendaraan.

Salah satu alasan mereka untuk berada di balik kemudi usai mengonsumsi alkohol ialah karena menilai jarak tempuh perjalanan mereka terbilang dekat. Kebanyakan dari mereka pulang dalam keadaan terpengaruh alkohol usai menghabiskan waktu bersama kolega ataupun keluarga di pub dan bar dekat wilayah tempat tinggal.

Penelitian lebih lanjut bahkan menyebut responden pria menyebut mereka merasa bisa mengemudi dengan baik kalau mengonsumsi alkohol. Pernyataan tersebut berkebalikan dengan anjuran pemerintah setempat karena kadar ketahanan alkohol mereka bergantung pada berat badan, pola makan, dan konsumsi obat.

Pengemudi berusia 55 tahun atau lebih terlibat dalam 26 persen kasus kecelakaan jalan raya di Inggris. Data tersebut berdasarkan catatan yang dimilik Direct Line dan Departemen Transportasi Inggris pada periode 2017 lalu. Lembaga yang sama memperkirakan tren pengemudi dalam pengaruh alkohol akan menurun hingga sebelas persen tahun depan.

(muf)

Comments