Hajjah Fatimah Mosque: Perpaduan Budaya Cina, Melayu, dan Eropa

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Hajjah Fatimah Mosque: Perpaduan Budaya Cina, Melayu, dan Eropa

Hajjah Fatimah Mosque: Perpaduan Budaya Cina, Melayu, dan Eropa

KEPONEWS.COM - Hajjah Fatimah Mosque: Perpaduan Budaya Cina, Melayu, dan Eropa Saat berjalan di Kampong Glam, dan Kamu diharuskan untuk menunaikan salat, coba kunjungi masjid ini! Mendengar dari nama masjid ini, pasti Kamu bertanya-tanya karena dinamai dengan nama wanita. Sangat...
Loading...

Saat berjalan di Kampong Glam, dan Kamu diharuskan untuk menunaikan salat, coba kunjungi masjid ini! Mendengar dari nama masjid ini, pasti Kamu bertanya-tanya karena dinamai dengan nama wanita. Sangat jarang bukan? Didirikan tahun 1846, Hajjah Fatimah Mosque ialah sebuah masjid yang terletak di sepanjang Beach Road di distrik Kampong Glam.

Masjid indah ini mempunyai perpaduan dari budaya timur dan barat yang sangat menarik. Artsitektur masjid ini mempunyai pengaruh Eropa, Melayu dan Cina. Masjid ini dirancang oleh arsitek Inggris yang tak dikenal.

Nama Hajjah Fatimah Mosque di ambil dari nama seorang wanita pengusaha kaya yang menyumbang tanah masjid ini pada abad ke-19. Sebelumnya, Hajjah Fatimah Mosque merupakan rumah pribadi beliau. Namun beberapa saat terjadi perampokan dan kebakaran, sehingga Hajjah Fatimah memutuskan pindah dan membangun masjid di tanah itu.

Hajjah Fatimah Mosque

Masjid dengan lebih banyak didominasi berwarna cokelat-krem ini tidak terlalu luas namun sangat indah dengan paduan kubah berbentuk bawang. Area wudhu-nya juga terlihat seperti rumah Melayu dengan ukiran kayu tradisional Melayu-Muslim di dalamnya. Di depan masjid ini juga ada taman kecil atau alun-alun yang tenang

Kamu akan melihat ubin porselen mengkilap khas Cina di sisi kisi-kisi jendela, bagian-bagian lain yang terbuat dari kayu, dan dinding bagian atas tembok pembatas atap. Elemen Eropa juga terdapat di dalamnya termasuk pintu berbentuk lanset, lekukan dan jendela.

Cadangan Rekreasi ke Sentosa Island saat Hujan

Cadangan Rekreasi ke Sentosa Island saat Hujan

Wisata ke Buddha Tooth Relic Temple Singapore

Wisata ke Buddha Tooth Relic Temple Singapore

Sri Mariamman Temple: Sakral Namun Artistik

Sri Mariamman Temple: Keramat Namun Artistik

Jet tempur siluman F-35B Singapura.

Jet Tempur Siluman Singapura Bisa Mendarat Vertikal di Kapal Induk

Bermain Sepuasnya di SuperPark, Indoor Playground

Bermain Sepuasnya di SuperPark Singapore

Rekreasi ke Singapore Botanic Gardens

Rekreasi ke Singapore Botanic Gardens

Namun, yang akan menarik perhatian Kamu ialah menara masjid ini. Menara masjid ini menyerupai menara gereja bila Kamu lebih memperhatikannya. Menara ini terdiri dari tiga tingkat, dengan dua menara oktagonal dan piramida memanjang. Sering kali dibandingkan dengan bangunan Gereja St Andrew yang pertama.

Hajjah Fatimah Mosque

Karena pondasinya berpasir selama bertahun-tahun lamanya, menara mulai miring ke arah kubah sekitar enam derajat. Pekerjaan pelestarian telah menghentikan kemiringan lebih lanjut tetapi kemiringannya masih terlihat. Kebanyakan para pengunjung menjulukinya sebagai menara miring -nya Singapura (The Leaning Tower of Singapore). Masjid ini juga ditunjuk sebagai National Monument of Singapore pada 28 Juni tahun 1973.

4001 Beach Road

Mau cari tempat belanja murah lainnya? Coba jelajahi Singapura dengan buku petunjuk wisata yang sudah dilengkapi dengan stasiun-stasiun MRT dan moda transportasi umum lainnya. Unduh di sini dan dapatkan juga jalur-jalur lain yang bisa diakses bis kota.

Comments