Hadapi Revolusi Industri 4.0, Ini Tantangan dan Tugas Menkominfo Selanjutnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Ini Tantangan dan Tugas Menkominfo Selanjutnya

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Ini Tantangan dan Tugas Menkominfo Selanjutnya

KEPONEWS.COM - Hadapi Revolusi Industri 4.0, Ini Tantangan dan Tugas Menkominfo Selanjutnya JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) akan diumumkan Rabu atau 23 Oktober 2019. Menkominfo dikatakan sebagai salah satu jabatan strategis karena tugas dan fungsi Kementerian Komuni...

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) akan diumumkan Rabu atau 23 Oktober 2019. Menkominfo dikatakan sebagai salah satu jabatan strategis karena tugas dan fungsi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sangat penting, mengingat saat ini memasuki tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Selain tantangan Revolusi Industri, saat ini terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang dipicu dari persaingan di bidang Teknologi Berita Komunikasi (TIK). Ini berdampak pada ekonomi global, tak terkecuali Indonesia.

"Bila kita menjabarkan Visi & Misi Presiden terkait TIK serta kaitannya dengan Trisakti dan Nawacita maka ada beberapa peran, fungsi dan tupoksi dari Kemkominfo: Pertama (1), TIK sebagai alat ekonomi yang sekarang dikenal dengan istilah Digital Economy, Kedua (2), TIK sebagai Infrastruktur (Enabler of Human Development), Ketiga (3), TIK sebagai alat kedaulatan (Cyber and Data Sovereignity) dan keempat (4) TIK sebagai Industri (HW,S/W & Brainware)," kata Hasnil Fajri, Praktisi, Pengamat TIK & Ekraf.

Ia melanjukan, untuk peran dan fungsi (1) dan (2) di atas sebagai alat ekonomi dan infrastruktur sudah berjalan baik dan on the track dan bisa melanjutkan blue print, roadmap dan grand taktik yang sudah dibuat dan direncanakan dengan menyesuaikan dengan tantangan, dinamika dan tren teknologi dunia mendatang.

"Namun, untuk fungsi (3) dan (4) TIK sebagai kedaulatan dan industri, Tantangan dan Peluang sangat luar biasa dan berimplikasi besar untuk kedaulatan cyber dan kekuatan industri TIK dalam negeri bila kita bisa merencanakan dan membuat blueprint, roadmap dan grand taktik yang komprehensif dan sustainable serta bisa mengeksekusinya dengan tepat, cepat dan benar. Sebaliknya, jikalau tidak berhasil ancamannya sangat besar untuk kedaulatan cyber dan industri TIK dalam negeri," tuturnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) akan diumumkan Rabu atau 23 Oktober 2019.

Ini Sosok Ideal Menkominfo untuk Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf Amin

Selanjutnya

Comments