Gunakan Kurator, Kementerian Pariwisata Resmi Luncurkan Calendar Of Events (COE) Nasional 2020

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Gunakan Kurator, Kementerian Pariwisata Resmi Luncurkan Calendar Of Events (COE) Nasional 2020

Gunakan Kurator, Kementerian Pariwisata Resmi Luncurkan Calendar Of Events (COE) Nasional 2020

KEPONEWS.COM - Gunakan Kurator, Kementerian Pariwisata Resmi Luncurkan Calendar Of Events (COE) Nasional 2020 Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama sejumlah Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi seluruh Indonesia meluncurkan Calender of Event (CoE) 2020 di Balairung Soesilo Soed...

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama sejumlah Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi seluruh Indonesia meluncurkan Calender of Event (CoE) 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwita (Kemenpar), Selasa malam, 15 Oktober 2019.

CoE Wonderful Indonesia sebagai kalender pariwisata nasional ini merupakan salah satu program strategis Kemenpar dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui atraksi (events). Tujuan program ini merupakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta menggerakan wisatawan nusantara (wisnus) untuk berwisata di Tanah Air.

Dalam kata sambutannya, Menpar Arief Yahya mengapresiasi launching CoE 2020 yang diklaim memberikan dampak besar dalam mendongkrak kunjungan wisman serta menggerakkan wisnus ke destinasi yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sebanyak 100 event pariwisata unggulan itu akan digelar sepanjang tahun ini.

Kami harapkan daerah serius menyusun dan menggarap event-event yang masuk dalam 100 CoE 2020 agar bisa mendatangkan wisman lebih banyak lagi ke Indonesia, tutur Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya memaparkan, penyelenggaraan event pariwisata di Indonesia mutlak disusun dalam sebuah CoE dan hal ini penting bagi wisatawan agar mudah mengetahui event-event pariwisata yang ada di daerah. Selain itu para traveller akan lebih tertarik untuk melihat destinasi di daerah.

Arief Yahya bengong

Daerah yang menggelar event pariwisata jadi dikenal oleh wisatawan dunia dan menarik wisatawan untuk mengetahui destinasi di daerah itu," kata Arief Yahya.

Ia juga memberi contoh Kabupaten Banyuwangi yang tahun ini menggelar 99 event pariwisata, dan 3 event di antaranya masuk dalam 100 CoE 2019. Berkat event tersebut, jumlah kunjungan wisnus dan wistawan Banyuwangi meningkat tajam. Bahkan pendapatan perkapita daerah mereka berhasil mengalahkan Malang yang selalu bertengger di posisi kedua setelah Surabaya.

Seperti diketahui penetapan CoE Wonderful Indonesia tersebut berawal dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Sail Tomini tahun 2015 lalu. Ia mengharapkan agar penyelenggaraan event di Indonesia mempunyai standar nasional dan internasional dalam kemasannya, baik dari segi koreografi, arrangement music, maupun penataan kostum atau busana.

CoE Wonderful Indonesia pertama kali dibukukan dan dibuat tahun 2017, namun saat itu belum memakai kurator dalam pemilihan event. Kemenpar hanya meminta usulan Top 3 events dari masing-masing provinsi. Kemudian tahun berikutnya 2018 hingga sekarang penentuan CoE wajib memakai kriteria 3C (Cultural/Creative Values; Commercial dan Communication Values, dan CEO Commitment) dan dikurasi oleh para kurator professional di bidangnya.

Selanjutnya

Comments