Gulungan Rambut 2,6 Kg Bersarang di Lambung Pengidap Sindrom Rapunzel

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Gulungan Rambut 2,6 Kg Bersarang di Lambung Pengidap Sindrom Rapunzel

Gulungan Rambut 2,6 Kg Bersarang di Lambung Pengidap Sindrom Rapunzel

KEPONEWS.COM - Gulungan Rambut 2,6 Kg Bersarang di Lambung Pengidap Sindrom Rapunzel Jakarta - Seorang gadis 6 tahun di India mengidap kondisi langka Rapunzel Syndrome. Ia gemar sekali menelan rambut hingga terkumpul seberat 2,6 kg di lambungnya.Butuh operasi untuk mengeluarkan gulung...
Jakarta - Seorang gadis 6 tahun di India mengidap kondisi langka Rapunzel Syndrome. Ia gemar sekali menelan rambut hingga terkumpul seberat 2,6 kg di lambungnya.

Butuh operasi untuk mengeluarkan gulungan rambut sepanjang 126 cm tersebut. Kasus ini dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports.

Para dokter di New Delhi mengungkap kasus itu saat seorang gadis datang dengan keluhan kembung dan nyeri lambung yang menyiksa. Saat diperiksa, ternyata lambung si gadis dipenuhi gulungan rambut yang tidak dicerna.

Gulungan rambut itu bahkan memanjang sampai ke usus si gadis, membentuk ekor yang sangat panjang. Laporan di jurnal ilmiah menggambarkannya dalam judul 'ekor yang terlalu panjang untuk diceritakan'.

Gulungan rambut ini ditemukan dalam perut gadis 6 tahun di IndiaGulungan rambut ini ditemukan dalam perut gadis 6 tahun di India Foto: bmj case reports

Nama sindrom rapunzel berasal dari dongeng perihal putri berambut sangat panjang yang ditawan di atas menara. Ia menggunakan rambutnya sebagai tambang agar bisa bertemu dengan kekasihnya.

Istilah sindrom rapunzel disematkan hanya jikalau gulungan rambut ditemukan memanjang hingga usus. Biasanya ditemukan pada pasien dengan gangguan mental dan emosional. Dalam kasus ini, pasien dilaporkan tidak memiliki riwayat sakit mental tapi tetap akan menjalani cek kejiwaan.

(up/up)

Comments