Gubernur BI Ingatkan Pengusaha Lakukan Lindung Nilai

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Gubernur BI Ingatkan Pengusaha Lakukan Lindung Nilai

Gubernur BI Ingatkan Pengusaha Lakukan Lindung Nilai

KEPONEWS.COM - Gubernur BI Ingatkan Pengusaha Lakukan Lindung Nilai JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memingatkan perusahaan memakai lindung nilai melalui Domestic Non Delivery Forward (DNDF) untuk memfasilitasi kebutuhan dolar AS. Kami mengimbau...

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memingatkan perusahaan memakai lindung nilai melalui Domestic Non Delivery Forward (DNDF) untuk memfasilitasi kebutuhan dolar AS.

Kami mengimbau kepada korporasi, luar negeri, kala ada kebutuhan dolar AS lihat kebutuhan itu segera apa tidak. Kalau segera, maka tidak semua dengan spot, lakukan lindung nilai, lakukan hedging melalui DNDF, dalam telekonferensi, Rabu (1/4/2020).

Stimulus untuk Dunia Usaha, Penghapusan Pph 21 hingga Keringanan KUR

Perry mengaku sudah berdiskusi dengan Menteri BUMN Erick Thohir agar kebutuhan-kebutuhan valas dari BUMN bisa disediakan melalui DNDF.

Nilai tukar Rupiah sempat tertekan hingga menuju level Rp17.000 per USD beberapa waktu lalu. Kini, Rupiah memang stabil di kisaran Rp16.000 per USD.

Rupiah Ditutup Menguat 1,18% ke Rp16.305/USD

Salah satu upaya BI memperkuat nilai Rupiah ialah dengan mendorong semua stakeholder untuk memakai fasilitas DNDF.

"Tentu juga kami mengharapkan para importir, apa pun, banyak sekali pihak yang memenuhi dolar AS barang kali bisa dipenuhi tidak semuanya baik tunai maupun spot, masuklah dalam forward melalu DNDF, itu relatif murah dan juga mencover dan melindung nilai dari nilai tukar," jelas dia.

(kmj)

Comments