Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta Laut

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta Laut

Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta Laut

KEPONEWS.COM - Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta Laut Gorontalo - Akhir tahun jadi waktu yang tepat untuk rehat sejenak dari rutinitas. Berlibur ke Gorontalo, kamu bisa menikmati keindahan laut yang nggak ada matinya!Menikmati pantai, deburan ombak dan b...

Gorontalo - Akhir tahun jadi waktu yang tepat untuk rehat sejenak dari rutinitas. Berlibur ke Gorontalo, kamu bisa menikmati keindahan laut yang nggak ada matinya!

Menikmati pantai, deburan ombak dan belaian lembut angin selalu menjadi liburan yang dinanti-natikan. Bagi traveler pecinta laut, Gorontalo di Pulau Sulawesi ini punya banyak tempat bersantai untuk melepas penat.

Dirangkum detikTravel, Rabu (27/12/2017) inilah spot-spot terbaik Gorontalo bagi pecinta laut.

1. Diving di Teluk Tomini

Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta LautFoto: (dok Istimewa) Sudah pernah dengar perihal Teluk Tomini? Ini ialah surganya para diver. Kontur Teluk Tomini berbentuk wall yang dipenuhi dengan objek foto makro. Sebut saja biota makro langka Orang Utan Crab.

Tak hanya orangutan crab, diving di Gorontalo traveler juga bisa menemukan karang dengan bentuk yang unik, mirip lukisan Salvador Dali! Oleh karena itu, karang ini disebut sebagai Salvador Dali Sponge.

2. Wisata Hiu Paus

Selain diving, Perairan Gorontalo juga punya atraksi lain bagi traveler. Ada wisata hiu paus yang terlihat di perairan ini. Termasuk hewan yang dilindungi, kamu yang mau melihat hewan ini pun harus ditemani oleh pemandu. Biasanya, hiu paus akan aktif muncul ke perairan saat pagi hari untuk mencari makan.

3. Pulau Cinta

Tak kalah dengan Maldives, Gorontalo pun punya tempat romantis di tepi laut namanya Pulau Cinta di Kabupaten Boalemo. Tempat ini dinamakan Pulau Cinta karena penginapannya berbentuk hati atau love.

Untuk melakukan perjalanan ke Pulo Cinta, dari Kota Boalemo ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan darat, dan 20 menit perjalanan laut menggunakan perahu. Kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di sini merupakan snorkling dan menyelam. Anda akan disuguhkan dengan keanekaragaman hayati bawah laut yang masih sangat alami.

4. Pulau Saronde

Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta LautFoto: (Prajuritkecil99/d'traveler) Gorontalo masih punya banyak pantai cantik yang belom tersentuh. Salah satunya Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Untuk menuju ke Pulau Saronde cukup mudah. Dari Bandara Djalaludin di Isimu, travelers bisa naik mobil sewaan ke Pelabuhan Kwandang. Lama waktunya sekitar 45 menit.

Alam yang disajikan pulau ini masih sangat alami. Lautnya jernih dan berwarna biru, selaras dengan warna langit. Pasir pantainya putih bersih dengan gelombang laut yang tenang. Benar-benar tempat mengusir penat!

5. Taman Laut Olele

Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta LautFoto: (Bonebolangokab.go.id) Gorontalo memang surganya para penyelam dunia. Selain Teluk Tomini, ada Taman Laut Olele yang punya terumbu karang sehat dan cantik banget. Masih dalam tahap pengembangan menjadi taman nasional, namun keindahan taman laut ini bakal bikin kamu jatuh cinta.

Taman laut Olele terletak di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, letaknya pun tidak jauh dari Gorontalo. Hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo, perjalanan dapat memakan waktu sekitar 30 menit menuju taman laut tersebut.

6. Pantai Boalemo

Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta LautFoto: Arief Setiawan/d'traveler Kamu mungkin masih asing dengar nama Pantai Boalemo atau Bolihutuo. Ini merupakan pantai yang sama, dan punya pemandangan super cantik. Pantai ini punya gulungan ombak yang teduh dan pasri putih yang super cantik. Di sisi pantai, ada puluhan pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang.

7. Pulau Diyonumo

Gorontalo: Destinasi Libur Akhir Tahun Buat Pecinta LautFoto: (mrizag/Instagram) Berada di daerah Sumalata Timur, Gorontalo Utara. Tepatnya di Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Pulau Diyonumo menjadi salah satu bintang bersinar di Gorontalo. Karena pulau ini tak hanya punya pantai cantik yang masih perawan, tapi juga bukit keren yang berada di sisinya.

Pulau ini masih sangat alami, sehingga belum ada penginapan atau hotel. Kalau mau menginap jangan lupa bawa tenda ya!

8. Wisata masakan seafood

Saat perut lapar, ada rumah makan seafood yang bisa jadi pilihan di Gorontalo. Rumah makan Karina merupakan tempat wisata masakan khusus seafood di Gorontalo. Rumah Makan Karina yang letaknya tak jauh dari Bandara Jalaludin Gorontalo. Tepatnya, rumah makan ini ada di seputar Bundaran Bandara Jalaludin. Hanya butuh waktu kurang dari 10 menit dari bandara, dan mudah untuk ditemukan.

Rumah Makan Karina menyediakan beberapa menu masakan khas dari Gorontalo. Beberapa diantaranya ialah hidangan seafood, seperti ikan Bobara bakar, Goropa masak woku, sayur tumis bunga pepaya, sayur ikan kuah asam, dan masih banyak yang lainnya. (bnl/aff)

Comments