Google Temukan Website Peretas WhatsApp pada iPhone

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Google Temukan Website Peretas WhatsApp pada iPhone

Google Temukan Website Peretas WhatsApp pada iPhone

KEPONEWS.COM - Google Temukan Website Peretas WhatsApp pada iPhone Peneliti keamanan Google Project Zero mendeteksi adanya beberapa situs berbahaya untuk perangkat iPhone. Bahkan, Google mengungkap bahwa kumpulan situs ini secara diam-diam mengirimkan virus atau pera...

Peneliti keamanan Google Project Zero mendeteksi adanya beberapa situs berbahaya untuk perangkat iPhone.

Bahkan, Google mengungkap bahwa kumpulan situs ini secara diam-diam mengirimkan virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya ke ponsel besutan Apple tersebut.

Menurut laporan Tech Spot yang dilansir Minggu (1/9/2019), Google memaparkan bahwa proses penyusupan ini terjadi secara tidak langsung. Artinya, hacker terlebih dahulu meretas laman web tertentu.

Ketika website tersebut sudah terinfeksi virus, maka saat iPhone mengunjungi situs yang sudah dibajak itu, virus dari web itu ikut serta meretas data iPhone.

Parahnya, Google mengklaim bahwa serangan dengan metode seperti ini sudah terjadi sekitar dua tahun, dengan catatan ribuan pengguna iPhone mengunjungi situs web berbahaya itu setiap minggunya.

Google juga menemukan 12 celah keamanan pada iPhone, dan 7 diantaranya melibatkan browser web Safari bawaan iPhone. Sedangkan 5 celah lainnya memberi peluang bagi peretas untuk mengeksploitasi akses root ke handset, sehingga memungkinkan mereka mencuri data pribadi.

Kerentanan ini juga bisa digunakan para hacker untuk mengakses foto, iMessage, dan lokasi GPS real time pengguna iPhone.

WhatsApp/PixabayWhatsApp. [Pixabay]

Paling gila, implan virus ini juga dapat digunakan untuk mencuri berita kata sandi dan mengumpulkan data dari software yang digunakan orang itu, termasuk membobol enkripsi end-to-end pada software WhatsApp dan Telegram.

Selain itu, mereka memaparkan bahwa kerentanan ini berlaku bagi para pemilik iPhone dengan sistem operasi iOS 10 hingga versi terbaru iOS 12.

Meski sudah mengetahui trik peretasan ini, Google tidak mempublikasikan sosok yang mungkin berada di balik serangan itu.

Comments