Google Salurkan Pinjaman Rp 29 Miliar ke Berbagai UMKM di Indonesia

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Google Salurkan Pinjaman Rp 29 Miliar ke Berbagai UMKM di Indonesia

Google Salurkan Pinjaman Rp 29 Miliar ke Berbagai UMKM di Indonesia

KEPONEWS.COM - Google Salurkan Pinjaman Rp 29 Miliar ke Berbagai UMKM di Indonesia Google mengumumkan mitra keuangan mikro baru untuk menyalurkan pinjaman senilai 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 29,3 miliar, ke UMKM di banyak sekali wilayah di Indonesia. Google berkomitmen untuk...

Google mengumumkan mitra keuangan mikro baru untuk menyalurkan pinjaman senilai 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 29,3 miliar, ke UMKM di banyak sekali wilayah di Indonesia.

Google berkomitmen untuk terus menyokong UKM demi meningkatkan partisipasi mereka dalam ekonomi digital serta mempercepat pemulihan ekonomi, kata Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/5/2022).

Sebenarnya penyaluran ini termasuk dalam program Dana Ketahanan Usaha Kecil yang diluncurkan Google pada tahun 2020 lalu.

Saat itu, Google bermitra dengan Kiva dengan menyalurkan modal pinjaman ke usaha kecil di seluruh Indonesia.

Tingkat Pengangguran Capai 18 Persen, Google Indonesia Sediakan 10.000 Beasiswa Data Analis

Modal pinjaman senilai total 10 juta dolar AS ini kemudian diberikan lewat tahap kedua sebesar 2 juta dolar AS.

Kini Google menyalurkannya ke mitra keuangan mikro bernama Nusa Ummat Sejahtera (NUS).

Google & Kiva & NUS. [Google Indonesia]Google & Kiva & NUS. [Google Indonesia]

NUS, koperasi yang berbasis di Semarang ini melayani lebih dari 70.000 usaha mikro dan kecil di pulau Jawa, dengan nilai pinjaman rata-rata sekitar 1.000 dolar AS atau Rp 14,6 juta.

"Kami harap kerja sama ini dapat terus berjalan sehingga membuka peluang yang lebih besar untuk mengoptimalkan potensi UMKM di Indonesia, baik dengan bantuan dana maupun pelatihan secara profesional," ujar Direktur Utama dan Ketua Pengurus di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera (NUS), Muhtarom.

Selain itu, Google.org selaku lembaga filantropi Google juga mengumumkan hibah tambahan sebesar 500.000 dolar AS atau Rp 7,3 miliar ke Bebras Indonesia.

Cara Translate Bahasa Asing Pakai Google Keyboard di Android dan iOS

Dana ini untuk memberikan pelatihan keterampilan computational thinking kepada lebih banyak guru.

Comments