Gokil, Parasit Baru Ini Ditemukan Ilmuwan Berkat Unggahan di Twitter

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Gokil, Parasit Baru Ini Ditemukan Ilmuwan Berkat Unggahan di Twitter

Gokil, Parasit Baru Ini Ditemukan Ilmuwan Berkat Unggahan di Twitter

KEPONEWS.COM - Gokil, Parasit Baru Ini Ditemukan Ilmuwan Berkat Unggahan di Twitter Spesies parasit jamur baru. (Twitter/@derekhenen) Seperti yang kita ketahui sosmed Twitter mempunyai fasilitas membuatkan foto dan video, banyak orang yang membagikan momennya di sosmed dengan logo b...

Spesies parasit jamur baru. (Twitter/@derekhenen)

Seperti yang kita ketahui sosmed Twitter mempunyai fasilitas membuatkan foto dan video, banyak orang yang membagikan momennya di sosmed dengan logo burung biru ini. Namun siapa sangka, dari sebuah unggahan di Twitter, seorang ilmuwan menemukan spesies parasit baru lho.

Hal ini diungkapkan spesialis biologi Ana Sofia Reboleira yang menemukan spesies jamur parasit terbaru dari sebuah unggahan foto seseorang di Twitter.

Foto itu sendiri diunggah oleh mahasiswa doktoral di Virgina Tech, Derek Hennen. Hennen sendiri mengunggah foto penamakan hewan kaki seribu dengan ukuran yang detail.

Mungkin parasit tersebut sangat mini, tapi ahli biologi Anna Reboleira dapat melihat dengan jelas dan menarik titik pada arthropoda.

''Saya bisa melihat sesuatu yang tampak seperti jamur di permukaan kaki seribu. Sampai saat itu, jamur ini belum pernah ditemukan pada kaki seribu Amerika'' kata Anna Reboleira dalam sebuah rilis University of Copenhagen.

Dilansir dari laman Cnet, Derek Hennen membagikan rangkuman utas di Twitter wacana bagaimana penemuan tersebut dimulai. Ternyata foto kaki seribu yang berasal dari Ohio tersebut diunggahnya pada tahun 2018, sebagai janji untuk mengirimkan gambar kaki seribu melalui Twitter kepada orang-orang yang telah memberikan pemilihan suara di Amerika Serikat.

Spesies parasit jamur baru. (Twitter/@derekhenen)Spesies parasit jamur baru. (Twitter/@derekhenen)

Namun tak disangka, unggahannya tersebut membuat Anna menemukan spesies jamur aneh yang sebelumnya tak tercatat di dokumen yang tersimpan di Natural History Museum Amerika.

Lantas pihak Universitas mengkonfirmasi kalau keberadaan spesies Laboulbeniales sebelumnya tak pernah diketahui atau baru.

Spesies ini merupakan parasit jamur kecil aneh yang menyerang serangga dan kaki seribu.

Spesies parasit jamur baru. (Twitter/@derekhenen)Spesies parasit jamur baru. (Twitter/@derekhenen)

Uniknya karena spesies jamur ini ditemukan dari sebuah unggahan di Twitter, parasit ini lantas diberi nama Troglomyces twitteri.

Dalam jurnal MycoKeys, jamur Ordo Laboulbeniales ini akan menusuk kulit kaki seribu sehingga terlihat hanya setengah dari parasit yang akan menonjol di bagian tubuhnya.

Meski tergolong misterius, namun para ilmuwan bekerja untuk lebih memahami biologi dan hubungan mereka dengan inangnya.

Anna Reboleira ia berharap banyak ilmuwan yang akan membagikan karya mereka di sosmed. Menurutnya ini ialah pertama kalinya spesies baru parasit yang ditemukan di Twitter, hal ini membuktikan bahwa sangat penting platform sosmed untuk menyebarkan penelitian baru.

Comments