Gerhana Matahari Cincin sapa Indonesia, ini 8 lokasi dan waktunya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Gerhana Matahari Cincin sapa Indonesia, ini 8 lokasi dan waktunya

Gerhana Matahari Cincin sapa Indonesia, ini 8 lokasi dan waktunya

KEPONEWS.COM - Gerhana Matahari Cincin sapa Indonesia, ini 8 lokasi dan waktunya Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan menyapa sejumlah lokasi di Indonesia pada 26 Desember 2019. Antara satu tempat dengan tempat lain akan mengalami perbedaan waktu tibanya gerhana. Selam...

Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan menyapa sejumlah lokasi di Indonesia pada 26 Desember 2019. Antara satu tempat dengan tempat lain akan mengalami perbedaan waktu tibanya gerhana.

Selama gerhana matahari cincin terjadi, intensitas cahaya matahari akan berkurang. Hal ini menyebabkan suasana siang hari akan terasa seperti sore hari. Perubahan serupa juga dialami oleh wilayah lain di Indonesia yang mengalami gerhana sebagian.

Bedanya, wilayah yang dilintasi gerhana sebagian hanya melihat piringan Matahari perlahan-lahan dilahap Bulan. Tidak ada cincin api yang tampak di langit.

Dalam peristiwa gerhana cincin matahari ini, seperti dilansir dari Liputan6, Minggu (22/12), pengamatan dilakukan di area yang dilintasi jalur cincin, di antaranya yaitu Sibolga, Siak, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, Entikong, Tanjung Selor, dan Pulan Derawan.

Para pengamat yang berada dalam jalur cincin atau di dalam jalur garis merah akan dapat mengamati cincin api Matahari atau GMC. Menariknya, wilayah Siak, Riau akan mengalami durasi cincin terlama, adalah 3 menit 40 detik. Di luar jalur merah atau di luar wilayah cincin, para pengamat dapat menikmati Gerhana Matahari Sebagian.

GMC kali ini bukan yang pertama di Indonesia. Sebelumnya GMC juga juga melewati wilayah Indonesia pada tahun 1998, 2002, dan 2009.

GMC 2009 bahkan terjadi bertepatan dengan perayaan 100 tahun penggunaan teleskop oleh Galileo dalam Tahun Astronomi Internasional. Tahun ini, GMC akan jadi penutup rangkaian perayaan 100 Tahun IAU yang merayakan pencapaian astronomi dalam 100 tahun terakhir.

Setelah tahun 2019, gerhana matahari cincin berikutnya yang melewati wilayah Indonesia baru akan terjadi tanggal 31 Mei 2031 dan melintasi wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Waktu Gerhana Cincin Matahari

Dilansir dari Liputan6, berikut ini waktu tahapan terjadinya Gerhana Matahari Cincin di beberapa bagian Indonesia yang disampaikan Gerhana.info:

Untuk Indonesia bagian barat, lokasi pertama dimulainya gerhana cincin (U1) : 10:34:43 WIB Maksimum: 12:17:36 WIB Lokasi terakhir berakhirnya gerhana cincin (U4) : 14:00:53 WIB

Adapun lokasi Indonesia bagian tengah, lokasi pertama dimulainya gerhana cincin (U1) : 11:34:43 WITA Maksimum: 13:17:36 WITA Lokasi terakhir berakhirnya gerhana cincin (U4) : 15:00:53 WITA

Dan untuk Indonesia bagian timur, lokasi pertama dimulainya gerhana cincin (U1) : 12:34:43 WIT Maksimum: 14:17:36 WIT Lokasi terakhir berakhirnya gerhana cincin (U4) : 16:00:53 WIT

Jangan khawatir, wilayah lainnya masih bisa menikmati detik-detik saat Bulan menutupi Matahari. Hanya saja, piringan Bulan tidak membelakangi Matahari secara tepat layaknya sebuah cincin.

Recommended By Editor Gerhana Matahari Cincin sapa Indonesia, ini 8 lokasi dan waktunya

Comments