Gerhana Matahari Berusia 120 Tahun Tertangkap Kamera

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Gerhana Matahari Berusia 120 Tahun Tertangkap Kamera

Gerhana Matahari Berusia 120 Tahun Tertangkap Kamera

KEPONEWS.COM - Gerhana Matahari Berusia 120 Tahun Tertangkap Kamera Gerhana matahari berusia 120 tahun. (YouTube) Sebuah rekaman gerhana matahari berusia 120 tahun belum lama ini menjadi pembicaraan hangat oleh para peneliti. Penampakan langka ini tertangkap kamera d...

Gerhana matahari berusia 120 tahun. (YouTube)

Sebuah rekaman gerhana matahari berusia 120 tahun belum lama ini menjadi pembicaraan hangat oleh para peneliti. Penampakan langka ini tertangkap kamera dalam sebuah klip berdurasi 1 menit 8 detik.

Dari keseluruhan video tersebut, terlihat proses gerhana dari sebelum Bulan sepenuhnya menutupi matahari hingga tepat Bulan bergerak menjauh.

Dikutip dari The Verge, gerhana matahari ini terjadi pada 28 Mei 1900. Momen ini sendiri diciduk oleh British Astronomical Association di North Carolina.

Seorang ilmuwan senior di Royan Households of United Kingdom, yang juga merupakan mantan British Astronomer Royal, Nevil Maskelyne ialah orang yang merekam momen tersebut.

Menurut pengakuannya, momen ini direkam memakai adaptor teleskopik kamera yang membuat gambar gerhana matahari menjadi lebih mudah diciduk.

Gerhana matahari berusia 120 tahun. (YouTube)Gerhana matahari berusia 120 tahun. (YouTube)

Setelah tersimpan cukup lama, rekaman gerhana matahari tersebut rupanya disimpan di Royal Astronomical Society.

Beberapa orang menyebut bila Nevil Maskelyne sudah mencoba merekam gerhana matahari tersebut selama dua kali. Sebelum akhirnya berhasil pada tahun 1900, dirinya pernah gagal pada tahun 1898.

Kala itu, film miliknya dicuri dan tidak pernah lagi ditemukan hingga akhirnya tahun 1900 dirinya berhasil menangkap momen yang sama.

BFI selaku organisasi yang menjaga video gerhana matahari berusia 120 tahun ini sempat melakukan perombakan untuk mengubah kualitas video menjadi 4K.

Perubahan ini membuat kita kini dapat menonton video tersebut dalam resolusi 720p atau HD.

Fenomena gerhana matahari sendiri sangat sulit untuk diciduk mata telanjang dalam beberapa kali momen penampakannya.

Namun, gerhana matahari yang paling jelas terlihat tercatat terjadi pada tahun 2017 yang bisa membuat sekitar 215 juta orang dapat menyaksikannya secara langsung.

Rekaman gerhana matahari berusia 120 tahun ini tentu menjadi kejutan untuk dunia ilmu pengetahuan saat ini.

Comments