Geram Negaranya Diancam, Kim Yo-jong, Adik Kim Jong-un Mencaci Presiden Korsel

Internasional

News / Internasional

Geram Negaranya Diancam, Kim Yo-jong, Adik Kim Jong-un Mencaci Presiden Korsel

Geram Negaranya Diancam, Kim Yo-jong, Adik Kim Jong-un Mencaci Presiden Korsel

KEPONEWS.COM - Geram Negaranya Diancam, Kim Yo-jong, Adik Kim Jong-un Mencaci Presiden Korsel TRIBUNJOGJA.COM, PYONGYANG Kim Yo-jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mencacimaki Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, menyebutnya idiot. Media Rusia, Sputniknews, Jumat (25/11/...

TRIBUNJOGJA.COM, PYONGYANG Kim Yo-jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mencacimaki Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, menyebutnya idiot.

Media Rusia, Sputniknews, Jumat (25/11/2022) menulis, Kim Yo-jong berkali-kali mengeluarkan pernyataan provokatif terhadap politisi asing. Kosakatanya penuh warna dan ia blak-blakan.

Kim Yo-jong mengutuk latihan gabungan militer Korsel-AS-Jepang, serta sikap membebek Korsel terhadap kemauan Amerika.

Tak sekadar berkata-kata atau retorika, Kim Yo-jong pernah membuat banyak pihak terbelalak matanya.

Kim Yo-jong Muncul Lagi, Adik Pemimpin Korut Kim Jong-un Itu Kecam Keras Menlu Korsel

Konflik di Korea: Gerakan Politik Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong Lebih Kuat, Ini Kiprahnya

Dua tahun lalu, tepatnya 18 Juni 2020, Kim Yo-jong memerintahkan penghancuran bangunan kantor penghubung Korut-Korsel di daerah industri Kaesong.

Daerah ini berada di wilayah Korut, dekat perbatasan Korsel-Korut di Kaesong. Kota Korsel terdekat dari wilayah ini ialah Paju.

Korea Utara meledakkan bangunan tersebut yang dianggap tidak ada manfaatnya semenjak Korut-Korsel meneken kesepakatan tenang dua tahun sebelumnya.

Bangunan telah dikosongkan semenjak awal pandemi Covid-19. Sebelum pukul 15.00 waktu lokal pada 18 Juni 2020, ledakan besar terlihat menghancurkan bangunan itu.

Ledakan bisa terlihat dari Kota Paju, Korsel. Letak bangunan yang didirikan semenjak 2018 itu tepat di utara Zona Demiliterisasi.

Pyongyang telah memutuskan semua saluran komunikasi dengan Korsel sepekan sebelum peledakan.

Bersamaan itu, Kim Yo-jong mengirim ancaman akan menghancurkan secara total kantor penghubung itu, yang dia gambarkan tidak berguna.

Yo-jong memperingatkan Korsel telah membiarkan orang-orang menyebarkan selebaran provokatif ke wilayah Korut.

Seoul sering mengizinkan selebaran anti-Korut sebagai bentuk kebebasan berbicara di negara demokratis.

Kepulan asap dari ledakan kantor penghubung antar-Korea di Kaesong (kiri) dan Kim Yo Jong (kanan) - Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mengancam Korea Selatan. Pada Selasa (16/6/2020), Korea Utara meledakkan kantor penghubung antar-Korea di Kaesong.Kepulan asap dari ledakan kantor penghubung antar-Korea di Kaesong (kiri) dan Kim Yo Jong (kanan) - Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mengancam Korea Selatan. Pada Selasa (16/6/2020), Korea Utara meledakkan kantor penghubung antar-Korea di Kaesong. (Yonhap via Korea Herald / AFP)

Pemerintahan Presiden Moon Jae-in pada waktu itu telah menerapkan kebijakan ketat, memblokir selebaran dan membatalkan izin usaha kelompok pembelot.

Comments