Geopark Non Nuoc Cao Bang, Pesona Kekayaan Alam Vietnam

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Geopark Non Nuoc Cao Bang, Pesona Kekayaan Alam Vietnam

Geopark Non Nuoc Cao Bang, Pesona Kekayaan Alam Vietnam

KEPONEWS.COM - Geopark Non Nuoc Cao Bang, Pesona Kekayaan Alam Vietnam Baru-baru ini Unesco mengesahkan 13 Global Geopark baru dalam sidang Executive Board UNESCO pada Kamis lalu, di Paris, Prancis. Salah satu dari 13 geopark itu ialah Non Nuoc Cao Bang yang berada di Vi...

Baru-baru ini Unesco mengesahkan 13 Global Geopark baru dalam sidang Executive Board UNESCO pada Kamis lalu, di Paris, Prancis. Salah satu dari 13 geopark itu ialah Non Nuoc Cao Bang yang berada di Vietnam.

Dalam situs resminya, Unesco menyebut bahwa Geoparks harus memiliki warisan geologi yang bernilai internasional untuk dipertimbangkan oleh Unesco.

"Unesco Global Geoparks ialah wilayah geografis tunggal dan bersatu di mana situs, dan lanskap penting geologis internasional dikelola dengan konsep holistik perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan," kata badan PBB di situsnya.

Non Nuoc Cao Bang, yang ditemukan pada 2015. Pada 2016, komite Unesco nasional Vietnam mengajukan permohonan untuk Cao Bang masuk ke dalam Geopark Global.

Non Nuoc Cao Bang merupakan karst kedua di Vietnam setelah dataran tinggi karst Dong Van di Provinsi Ha Giang. Non Nuoc Cao Bang sendiri berjarak tujuh jam dari timur laut Hanoi meliputi 3.000 kilometer persegi di perbatasan China. Geopark memiliki koleksi fosil, endapan, batuan vulkanik, dan lanskap karst, yang diyakini menggambarkan 500 juta tahun sejarah Bumi.

Kini Non Nuoc Cao Bang bergabung dengan 127 geoparks lainnya dari 35 negara mendapatkan pengakuan Unesco untuk penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan kesadaran akan bahaya geologi.

Comments