Generasi Milenial Jangan Hanya Bisa Foto Doang, Ikut Jaga Hutan Bakau Dong

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Generasi Milenial Jangan Hanya Bisa Foto Doang, Ikut Jaga Hutan Bakau Dong

Generasi Milenial Jangan Hanya Bisa Foto Doang, Ikut Jaga Hutan Bakau Dong

KEPONEWS.COM - Generasi Milenial Jangan Hanya Bisa Foto Doang, Ikut Jaga Hutan Bakau Dong WISATAWAN seharusnya tidak sekedar menikmati keindahan hutan bakau yang selalu memikat. Tapi juga harus menjaga ekosistemnya agar tidak cepat rusak. Banyak sekali destinasi wisata hutan bakau di pesis...

WISATAWAN seharusnya tidak sekedar menikmati keindahan hutan bakau yang selalu memikat. Tapi juga harus menjaga ekosistemnya agar tidak cepat rusak.

Banyak sekali destinasi wisata hutan bakau di pesisir pantai. Di Jakarta saja ada Taman Wisata Alam Bakau Angke Kapuk. Di Surabaya ada Ekosistem Mangrove Wonorejo. Di Pulau Kalimantan, juga terdapat wisata alam hutan bakau yang tak kalah cantik.

Terlebih bagi kaum generasi milenial, jangan melulu menunjukkan citra buruk dalam merawat lingkungan. Kamu harus sadar diri menyuarakan pentingnya memelihara ekosistem hutan bakau di mana saja.

Seperti Blogger asal Kalimantan Mei Mustaqim, kerap mengajak kaum milenial untuk menjaga lingkungan. Tak terkecuali lokasi wisata alam yang sering sekedar dinikmati panoramanya saja.

Lahir Hari Rabu Pon, Ini Ramalan Sifat Cucu Jokowi yang ke-2 Berdasarkan Penanggalan Jawa

Lewat blog-nya, Taqim menulis serba-serbi menjaga hutan bakau di pesisir Balikpapan. Dia menulis blog dengan judul Selamatkan Laut Indonesia Lewat Tulisan! , kemudian menang dalam kompetisi C2live.

"Generasi milenial harus berani menjaga ekosistem hutan bakau ataupun kehidupan bawah laut Indonesia yang sangat cantik. Jadi jangan cuma bisa menikmatinya saja," ujarnya lewat berita yang didapat Okezone, Rabu (1/8/2018).

Taqim mencoba membahas masalah yang terjadi di daerah tempat dia tinggal. Dia yakin bahwa kepedulian menjaga ekosistem alam harus lahir dari hal-hal terdekat. Tak pelak, dia memilih kasus hutan bakau di pesisir Balikpapan tersebut untuk diulas dan disebarluaskan.

"Saya kenalkan apa itu hutan bakau dan apa saja manfaat yang bisa manusia rasakan dari kehadiran ekosistem itu. Semua orang harus tahu dan ikut menjaga dengan banyak cara," bebernya.

Perkenalkan, Jare Gadis Umur 5 Tahun Disebut Paling Cantik di Dunia

Fungsi adanya ekosistem hutan bakau untuk alam sekitar antara lain dapat menjaga garis pantai dan daratan, mencegah Tsunami, mereduksi gelombang air laut pasang, mencegah pengikisan laut, sebagai penghasil bahan baku tekstil dan lain sebagainya.

Kemudian, dia memaparkan gagasan konkret wacana bagaimana semua orang dapata merawat dan menjaga ekosistem hutan bakau, khususnya di wilayah pesisir Balikpapan. Tapi hal itu juga bisa diterapkan di daerah lainnya, apalagi kalau berpotensi besar untuk mendatangkan wisatawan.

(mrt)

Comments