Gejala Tumor Fibroid, Penyakit yang Diidap Kim Kardashian

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Gejala Tumor Fibroid, Penyakit yang Diidap Kim Kardashian

Gejala Tumor Fibroid, Penyakit yang Diidap Kim Kardashian

KEPONEWS.COM - Gejala Tumor Fibroid, Penyakit yang Diidap Kim Kardashian KIM Kardashian menurut seorang sumber terdekatnya mengidap penyakit fibroid. Ini merupakan tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim.Fibroid dapat menyebabkan Anda sakit parah dan komplikasi seperti anem...
Loading...

KIM Kardashian menurut seorang sumber terdekatnya mengidap penyakit fibroid. Ini merupakan tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim.

Fibroid dapat menyebabkan Anda sakit parah dan komplikasi seperti anemia, serta kehabisan darah. Menurut sumber tersebut, Kim Kardashian bahkan sampai hampir tidak bisa bangun dari tempat tidurnya. (Baca: Kim Kardashian Mengidap Penyakit Misterius)

Lalu apa gejala dari fibroid? Berikut gejala fibroid seperti yang dialami oleh Kim Kardashian seperti dilansir dari laman Ask4ufe:

1. Perdarahan berlebihan saat menstruasi

Perdarahan menstruasi yang berlebihan merupakan salah satu gejala yang paling umum dari tumor fibroid. Ini adalah gejala yang paling umum 2 dari 4 jenis tumor fibroid uterus, yaitu intramural dan submukosa. (Baca: Mengenal Fibroid, Penyakit Misterius yang Diidap Kim Kardashian)

Ketika mengalami gejala fibroid perdarahan menstruasi berat atau perdarahan uterus abnormal, ada komponen lain yang secara langsung akibat proses itu. Gumpalan sangat umum bersama perdarahan menstruasi yang berlebihan serta siklus perdarahan berkepanjangan.

Hal ini juga dapat menyebabkan serinng kekotoran, sesuatu yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan gaya hidup. Perdarahan uterus abnormal yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan dan anemia.

2. Nyeri dan tekanan pada panggul

Ketika fibroid mulai tumbuh, maka dapat memberikan tekanan pada organ di sekitarnya, biasanya sangat menyakitkan. Pertumbuhan fibroid dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah, serta pembengkakan.

Namun, jika Anda mengalami nyeri panggul, pemeriksaan ginekologi lengkap harus dilakukan untuk menentukan penyebabnya. Karena, nyeri panggul tidak hanya disebabkan oleh tumor fibroid, tetapi juga adenomiosis dan endometriosis.

Adenomiosis terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh di dalam lapisan tengah dinding rahim dan jaringan vaskular pendukung (miometrium). Biasanya lapisan rahim mencegah perlekatan terjadi. Namun, ketika fibroid rahim mulai tumbuh, kemunngkinan untuk melekat juga tumbuh, sesuatu yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Sedangkan, endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium ditemukan di luar rahim. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang menyakitkan dan tidak nyaman, terlebih jika terjadi dengan fibroid. Sekali lagi, agar mendiagnosa tumor fibroid lebih tepat, lakukan uji ginekologi.

3. Inkontinensia urin (kehilangan kontrol kandung kemih)

Salah satu organ yang sering terdampak oleh pertumbuhan tumor fibroid adalah kandung kemih. Tekanan pada kandung kemih meningkatkan risiko inkontinensia urin atau hilangnya kontrol kandung kemih, serta sering buang air kecil. Tidak hanya dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, tetapi juga menjadi hambatan dalam kegiatan sehari-hari.

Efek lain yang mungkin akibat pertumbuhan fibroid dapat meningkatkan tekanan pada usus. Hal ini dapat menyebabkan sembelit atau kembung. Jika Anda merasakan gejala-gejala fibroid secara teratur, berkonsultasilah dengan ahli medis.

4. Gejala lain

Gejala lain dari fibroid adalah anemia, nyeri di telapak kaki, nyeri selama hubungan seksual, sembelit, perut yang membesar. Dalam beberapa kasus, mungkin tidak ada gejala sama sekali.

Tergantung pada ukuran dan lokas dari tumor fibroid, gejala dapat menjadi begitu parah, sehingga memengaruhi kemampuan seseorang untuk tetap melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, banyak wanita hidup dengan tumor fibroid dan masih mempertahankan kualitas hidup yang baik dengan kemampuan untuk mengelola dan melakukan tugas-tugas sehari-hari.

Gejala Tumor Fibroid, Penyakit yang Diidap Kim Kardashian

Comments