Gejala ADHD pada Anak Laki-Laki Lebih Mudah Dikenali Daripada Anak Perempuan

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Gejala ADHD pada Anak Laki-Laki Lebih Mudah Dikenali Daripada Anak Perempuan

Gejala ADHD pada Anak Laki-Laki Lebih Mudah Dikenali Daripada Anak Perempuan

KEPONEWS.COM - Gejala ADHD pada Anak Laki-Laki Lebih Mudah Dikenali Daripada Anak Perempuan Pertama, anak laki-laki dengan ADHD seringkali menunjukkan perilaku hiperaktif misalnya kesulitan duduk diam di kelas. Mereka akan duduk dengan posisi yang tidak lazim, misalnya dengan menggoyang-goya...

Pertama, anak laki-laki dengan ADHD seringkali menunjukkan perilaku hiperaktif misalnya kesulitan duduk diam di kelas. Mereka akan duduk dengan posisi yang tidak lazim, misalnya dengan menggoyang-goyangkan kursi atau menendang-nendangkan kaki, sehingga membuat kegaduhan.

Sebaliknya, anak perempuan dengan ADHD belum tentu melakukan hal serupa. Meski sama-sama tidak betah duduk berlama-lama di kursi, anak perempuan bisa menyalurkan keinginan mereka untuk bergerak dengan cara yang lebih samar, misalnya bergerak ke depan kelas untuk menghapus papan tulis, pergi ke toilet, atau membuang sampah.

Tidak hanya gejala ADHD terlihat berbeda pada anak laki-laki, tetapi anak laki-laki juga mempunyai kecenderungan untuk menjadi lebih hiperaktif dan impulsif daripada anak perempuan. Karena perilaku hiperaktif dan impulsif lebih mengganggu di kelas, guru lebih cenderung melihat anak laki-laki sebagai sumber masalah dan menganggap mereka mengidap gangguan perhatian, urai Meadow Schroeder.

Terakhir, gejala ADHD pada anak perempuan terkadang tersamar karena mereka berupaya untuk memenuhi ekspektasi orang dewasa. Tanpa disadari, orang dewasa kerap menaruh harapan yang berbeda terhadap anak perempuan daripada anak laki-laki. Orang dewasa mengharapkan anak perempuan untuk rapi dan terorganisir, mencapai nilai yang baik dan bersikap santai. Akibatnya, anak perempuan lebih cenderung mematuhi norma-norma sosial dan tidak menimbulkan masalah. Mereka akan bekerja ekstra keras untuk meraih nilai yang bagus dengan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan rumah atau merapikan kamar mereka ketika diminta, tandas Meadow Schroeder.

(riz / ray)

Rekomendasi

Gejala ADHD pada Anak Laki-Laki Lebih Mudah Dikenali Daripada Anak Perempuan

Comments