Gawat, Yunani Kepung Gerakan Militer Turki di Laut maupun di Darat

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Gawat, Yunani Kepung Gerakan Militer Turki di Laut maupun di Darat

Gawat, Yunani Kepung Gerakan Militer Turki di Laut maupun di Darat

KEPONEWS.COM - Gawat, Yunani Kepung Gerakan Militer Turki di Laut maupun di Darat Athena tidak main-main dalam menyikapi pergerakan militer Turki di Laut Mediterania timur saat ini. Menteri Yunani Giogros Gerapetritis telah memberikan isyarat perang besar bila Turki tidak membatalk...

Athena tidak main-main dalam menyikapi pergerakan militer Turki di Laut Mediterania timur saat ini. Menteri Yunani Giogros Gerapetritis telah memberikan isyarat perang besar bila Turki tidak membatalkan rencana survey seismik yang akan dilakukan oleh kapal Oruc Reis dan 15 kapal perang Turki dalam misi eksplorasi sumber daya minyak dan gas di Laut Mediterania timur.

"Bahwa kami akan berada di sana untuk mengawasi dan melakukan apapun yang diharapkan," kata Gerapetritis dalam sebuah wawancara di televisi nasional Yunani ERT, Senin, 10 Agustus 2020.

Mayoritas armada saat ini sudah siap berangkat kemanapun dibutuhkan. Kapal kami yang berlayar di daerah penting sudah ada semenjak beberapa hari lalu. Bila perlu, akan ada pengembangan armada yang lebih besar," tambahnya.

Sementara itu, kesiapan untuk menghadapi Turki juga disampaikan oleh pemimpin Angkatan Darat Yunani untuk merespon operasi militer Turki dengan kode Navtex di Laut Mediterania timur itu.

VIVA Militer : Angkatan Bersenjata Yunani

Data yang dihimpun VIVA Militer, Selasa, 11 Agustus 2020, semenjak kemarin, para Pemimpin Angkatan Darat Yunani sudah mengeluarkan instruksi untuk siaga penuh di titik-titik tertentu sambil menunggu latihan militer yang direncanakan Turki di sebuah daerah antara Pulau Rhodes dan Kastelorizo di Mediterania timur.

Bahkan, menurut situs web Army Voice, pada Minggu malam, bahwa Komando Angkatan Darat Yunani telah membatalkan izin untuk para tentara di hampir semua unit. Sebaliknya, mereka diperintahkan untuk tetap pada tingkat kewaspadaan tertinggi.

Para pimpinan Angkatan Darat Yunani telah menyatakan keadaan siaga maksimum dan memanggil para perwira yang sedang cuti ke tempat-tempat dinas.

"Orang-orang telah diperingatkan untuk tidak meninggalkan rumah mereka sementara waktu," bunyi peringatan Angkatan Darat Yunani.

Mencekam, Kapal Militer Turki dan Yunani Hadap-hadapan Siap Perang

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Hellenic Yunani (HAF)

Untuk diketahui, mobilisasi pasukan Angkatan Darat dan Angkatan Laut saat ini sedang berlangsung dengan kecepatan tinggi, terutama di daerah sensitif, termasuk di daerah Evros, dekat perbatasan darat dengan Turki.

Beberapa unit pasukan Angkatan Darat yang dikerahkan di perbatasan dan di Tanah Benua Yunani dikabarkan telah mendapatkan amunisi tempur semenjak Sabtu kemarin. Sementara sejumlah kapal perang dan kapal selam Angkatan Laut Yunani sudah dalam posisi menyebar di posisi-posisi strategis di Laut Aegea untuk menyambut kedatangan Turki.

Mobilisasi pasukan militer Yunani ini dilakukan sebagai respon atas keputusan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang telah memobilisasi Angkatan Laut Turki dalam latihan militer 'Navtex' di Laut Mediterania Timur yang akan diselenggarakan beberapa hari kedepan.

Yang lebih mencengangkan bagi Yunani merupakan gerakan militer Turki itu dibarengi dengan gerakan kapal penelitian Oruc Reis yang bertujuan untuk melakukan survei seismik untuk melakukan kegiatan eksploitasi sumber daya minyak dan gas di Laut Mediterania timur yang diklaim oleh Yunani sebagai wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Yunani.

Baca : Uni Eropa Minta Turki dan Yunani Stop Gerakan Militer di Mediterania

Comments