Garda Terdepan Covid-19 Rentan Terkena Depresi

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Garda Terdepan Covid-19 Rentan Terkena Depresi

Garda Terdepan Covid-19 Rentan Terkena Depresi

KEPONEWS.COM - Garda Terdepan Covid-19 Rentan Terkena Depresi PANDEMI virus corona atau Covid-19 telah banyak merugikan manusia, mulai secara fisik, emosional, atau bahkan mental. Terlebih bagi para masyarakat yang bertindak sebagai relawan di garis terdepan. Ke...

PANDEMI virus corona atau Covid-19 telah banyak merugikan manusia, mulai secara fisik, emosional, atau bahkan mental. Terlebih bagi para masyarakat yang bertindak sebagai relawan di garis terdepan.

Kementerian Kesehatan Malaysia mengumumkan bahwa para frontliner yang terlibat dalam upaya menekan penularan wabah Covid-19 akan menjalani tes Depression Anxiety Stress Scale (DASS).

Wakil Menteri Kesehatan, Datuk Dr Noor Azmi Ghazali mengatakan pengujian tersebut juga melibatkan anggota dari PDRM dan ATM untuk mengetahui tingkat stres dan kekhawatiran yang mereka miliki.

Selain para relawan medis dan garda terdepan, tes juga akan dilakukan terhadap petugas yang anggota keluarganya juga dinyatakan positif.

Pengujian yang dilakukan memakai DASS terdiri dari 22 pertanyaan yang harus dijawab. Tujuannya untuk mengetahui tingkat depresi yang mereka miliki. Bila mengalami depresi berat maka mereka akan dirujuk ke psikiater.

Sebagaimana dilansir World of Buzz, Selasa (22/9/2020), menurut survei Kesehatan dan Mobilitas Nasional 2019, sebanyak 2,3 persen atau 500.000 orang Malaysia mengalami depresi.

Dokter Noor Azmi memohon kepada siapa pun yang menderita depresi untuk mencari pengobatan di Pusat Kesehatan Jiwa Masyarakat (MENTARI). Pusat kesehatan ini tersedia di semua negara bagian di Malaysia.

Pemerintah secara aktif menambah lebih banyak ahli psikiatri dan psikososial untuk menangani masalah kesehatan mental di kalangan warga Malaysia terutama karena pandemi Covid-19, tutur dr. Noor.

Ia menambahkan pandemi Covid-19 telah menyebabkan pengangguran, memengaruhi pendapatan, perselisihan keluarga dan bahkan pelecehan.

Frontliner yang terlibat dalam upaya menekan penularan wabah Covid-19 akan menjalani tes Depression Anxiety Stress Scale (DASS).

Resep Keripik Tahu Pedas, Camilan Enak Bikin WFH Makin Semangat!

(ahl)

Comments