Gara-Gara COVID-19, Harga Durian Musang King di Malaysia Turun Drastis

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Gara-Gara COVID-19, Harga Durian Musang King di Malaysia Turun Drastis

Gara-Gara COVID-19, Harga Durian Musang King di Malaysia Turun Drastis

KEPONEWS.COM - Gara-Gara COVID-19, Harga Durian Musang King di Malaysia Turun Drastis Virus corona Wuhan (COVID-19) tak hanya menggemparkan masyarakat dunia karena penyebarannya yang sangat cepat. Tak hanya itu, COVID-19 juga membuat harga buah durian asal Malaysia menurun dengan tajam...

Virus corona Wuhan (COVID-19) tak hanya menggemparkan masyarakat dunia karena penyebarannya yang sangat cepat. Tak hanya itu, COVID-19 juga membuat harga buah durian asal Malaysia menurun dengan tajam.

Merupakan Musang King, jenis durian terkenal asal Negeri Jiran tersebut mengalami penurunan yang signifikan sebagai dampak penyebaran COVID-19. Seorang pedagang durian asal Penang, Tan Chee Keat mengatakan masyarakat kini bisa menemukan Musang King dengan harga mulai dari RM24 atau Rp78 ribu hingga RM33 atau Rp108 ribu saja.

Tentunya hal ini sangatlah tidak biasa, mengingat harga durian jenis Musang King masih mempunyai harga yang cukup mahal adalah sekira RM55 atau setara Rp180 ribu. Para pedagang durian mengaku beberapa negara sengaja menunda pengiriman durian karena takut terinfeksi COVID-19.

Durian King

Sebagaimana dilansir dari World of Buzz, Jumat (21/2/2020) para pedagang mengaku ekspor telah mengalami penurunan sekira 70 persen, terutama pada pasar China.

Sayang sekali karena pasokan durian di Penang pasti akan lebih dari cukup karena cuaca panas yang panjang, terang Tan.

Selain itu pedagang lainnya juga mengalami penurunan penjualan sebesar 50 persen di kiosnya semenjak terjadi epidemi COVID-19. Pasalnya banyak pelanggan yang berasal dari China, Indonesia, Singapura dan Hong Kong takut untuk melakukan impor. Orang Penang hanya datang (membeli) pada Mei, Juni dan Juli saat musim durian di sini, tuntasnya.

(hel)

Comments