Gangina : Cara Orang Afghanistan Menjaga Anggur Tetap Segar Hingga Enam Bulan

Unik

Ragam / Unik

Gangina : Cara Orang Afghanistan Menjaga Anggur Tetap Segar Hingga Enam Bulan

Gangina : Cara Orang Afghanistan Menjaga Anggur Tetap Segar Hingga Enam Bulan

KEPONEWS.COM - Gangina : Cara Orang Afghanistan Menjaga Anggur Tetap Segar Hingga Enam Bulan Gangina merupakan cara tradisional yang digunakan oleh petani di Afghanistan untuk menjaga kesegaran buah anggur dan buah-buahan lainnya selama beberapa bulan, dengan menyegelnya dalam wadah kedap uda...

Gangina merupakan cara tradisional yang digunakan oleh petani di Afghanistan untuk menjaga kesegaran buah anggur dan buah-buahan lainnya selama beberapa bulan, dengan menyegelnya dalam wadah kedap udara yang terbuat dari tanah liat.

Anggur sulit untuk tetap segar untuk jangka waktu yang lama, bahkan ketika lemari es tersedia, tetapi tampaknya orang Afghanistan telah lama memakai metode kuno untuk menjaga agar buah-buahan lunak ini tetap segar untuk dikonsumsi di musim dingin, ketika buah-buahan segar sulit didapat.

Disebut gangina, teknik pengawetan yang cerdik ini melibatkan penyegelan anggur yang segar dalam wadah seperti mangkuk yang terbuat dari dua lapisan tanah liat.

Wadah dijemur hingga kering kemudian harus disimpan di tempat sejuk, jauh dari sinar Matahari langsung. Jikalau disimpan dengan benar, wadah gangina dapat menjaga anggur yang dipetik di musim gugur tetap segar hingga musim semi tahun depan.

Kita harus membuang anggur yang rusak dulu, lalu menaruhnya di gangina. Bila kita memasukkan yang rusak ke gangina, itu akan merusak semua anggur lainnya, kata Abdul Manan, seorang petani anggur, seraya menambahkan bahwa sangat penting bahwa hanya anggur yang baik yang diawetkan dengan cara ini, karena satu buah anggur yang busuk dapat merusak seluruh buah anggur.

Wadah gangina harus kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, agar buah di dalamnya tetap segar. Di musim dingin atau musim semi, ketika permintaan akan buah-buahan meningkat, petani seperti Abdul Manan mengeluarkan stok anggur yang disimpan dalam gangina dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Setiap wadah menampung sekitar satu kilogram anggur.

Kami menyimpan banyak anggur di gangina dan akan menjualnya di musim dingin atau musim semi yang akan datang, kata petani anggur Askar. Dengan metode ini kita akan mendapatkan penghasilan yang bagus. (yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Comments