Gandeng Petani Lokal, Panen.id Akan Masuk ke Yogyakata

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Gandeng Petani Lokal, Panen.id Akan Masuk ke Yogyakata

Gandeng Petani Lokal, Panen.id Akan Masuk ke Yogyakata

KEPONEWS.COM - Gandeng Petani Lokal, Panen.id Akan Masuk ke Yogyakata Hasil olahan langsung dari petani lokal siap dipasarkan di restoran, hotel dan catering. (HiTekno/ Rezza Rachmanta) Startup asli Indonesia yang bernama Panen.id diketahui akan melebarkan sayap di kot...

Hasil olahan langsung dari petani lokal siap dipasarkan di restoran, hotel dan catering. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

Startup asli Indonesia yang bernama Panen.id diketahui akan melebarkan sayap di kota Yogyakarta.

Panen.id merupakan sebuah platform yang langsung menghubungkan petani lokal kepada konsumen akhir mereka seperti hotel, restoran, kafe dan catering.

Dengan memakai manajamen rantai pasokan dari panen.id, petani lokal diharapkan mendapatkan harga jual yang pantas sehingga meningkatkan taraf ekonomi mereka.

Johannes Dwi Cahyo Kristanto selaku COO dari Panen.id mengatakan bahwa mereka akan melebarkan sayapnya ke kota Yogyakarta.

Salah satu alasan mengapa mereka tertarik ke kota ini ialah karena kota Yogyakarta mempunyai banyak wisata masakan dan tentunya banyak petani lokal yang dapat menyuplai bahan tersebut.

CEO dan COO Dapur.id. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)CEO dan COO Panen.id di depan toko offline Panen Fresh . (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

Johannes mengatakan bahwa mereka juga mempunyai toko offline yang tentunya menampung langsung dari petani lokal.

Toko offline dengan merek Panen Fresh ini dapat dijumpai di salah satu tenant di Dapur Warna, Yogyakarta.

''Kita mulai sekitar 2 tahun yang lalu di Bali. Idenya merupakan kita ingin menjual langsung produk petani lokal ke konsumen akhir horeca (hotel restoran catering). Dengan skema B2B (Business to Business) maka petani mendapatkan untung yang lebih besar daripada menjual secara satu kilo dua kilo,'' kata Johannes kepada tim HiTekno.

Ia juga memaparkan dalam skema B2B kadang ada sisa yang dapat dimanfaatkan dari hasil panen.

Antarmuka Platform B2B di Panen.id. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)Antarmuka Platform B2B di Panen.id. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

Misalnya, ketika petani panen 2 ton buah naga namun hotel hanya membutuhkan 1,9 ton, maka akan sisa sekitar 100 kilogram.

Untuk memanfaatkan sisanya, maka mereka juga menjual produk 100 kilogram buah naga tersebut melalui toko offline mereka, Panen Fresh.

Beberapa hotel bintang lima dan hotel yang mempunyai reputasi sangat baik telah memakai platform ini.

Di situs resminya, beberapa hotel yang telah bekerja sama termasuk Hotel Santika Seminyak Bali, Fave Hotel, Royal Ambarukmo Yogyakarta, Marriot Yogayakarta dan masih banyak lagi.

Berbagai penghargaan telah diraih Panen.id. (Panen.id)Banyak sekali penghargaan telah diraih Panen.id. (Panen.id)

Panen.id yang telah menggandeng ratusan petani lokal ini ternyata juga telah mendapatkan banyak penghargaan.

Start-up World Cup 2017, SDBT 2016 Kominfo, dan BEKRAF PITCH DAY 2016 meruapakan beberapa penghargaan yang telah mereka raih.

Tentunya dengan start-up Panen.id dan Panen Fresh melebarkan sayapnya di Yogyakarta maka diharapkan banyak petani lokal yang terbantu taraf ekonominya.

Comments