Gambar Jokowi Ini yang Bikin Tempo Dilaporkan Relawan Jokowi

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Gambar Jokowi Ini yang Bikin Tempo Dilaporkan Relawan Jokowi

Gambar Jokowi Ini yang Bikin Tempo Dilaporkan Relawan Jokowi

KEPONEWS.COM - Gambar Jokowi Ini yang Bikin Tempo Dilaporkan Relawan Jokowi Partai Demokrasi Indonesia Usaha (PDIP) tidak terima ilustrasi sampul salah satu majalah edisi pekan ini. Sampul majalah tersebut menampilkan kartun gambar Presiden Jokowi dengan bayangan hitam hidung...
Loading...

Partai Demokrasi Indonesia Usaha (PDIP) tidak terima ilustrasi sampul salah satu majalah edisi pekan ini. Sampul majalah tersebut menampilkan kartun gambar Presiden Jokowi dengan bayangan hitam hidung panjang seperti Pinokio.

Sekretaris Jenderal PDI Usaha, Hasto Kristiyanto, mengatakan bingkai pemberitaan pada salah satu media itu tidak tepat dan menyudutkan Jokowi selaku kepala negara.

"Kami mengkritik keras juga mereka-mereka yang memakai hal tersebut sebagai upaya kemudian mendiskreditkan Presiden. Ada media tertentu yang kemudian menampilkan sosok yang sebenarnya dari aspek etika tidak memenuhi ketentuan sopan santun itu," kata Hasto saat dikonfirmasi VIVAnews, Senin, 16 September 2019.

Sampul majalah Tempo

Hasto mengaku menyokong kebebasan pers adalah memberikan informasi atau kritik terhadap suatu peristiwa. Namun soal polemik belakangan ini, mengenai revisi Undang-Undang KPK beserta pemilihan para pimpinannya, publik juga perlu dicerahkan melalui berita yang utuh.

Menurut dia, Presiden telah mengambil keputusan tepat adalah niat merevisi untuk perbaikan. "Hal ini jangan sampai dipolitisir. PDI Usaha berpendapat bahwa Pak Jokowi telah bertindak tepat," ujarnya.

Seperti diketahui, majalah informasi Tempo pekan ini mengangkat laporan utama terkait kisruh revisi UU KPK yang mendapat penolakan dan dukungan. Dalam pemberitaan utama media itu mempersoalkan terpilihnya lima pimpinan KPK baru.

Di sampul pada bagian ilustrasi dituliskan pernyataan para pegiat anti korupsi, yang menilai mantan Wali Kota Solo itu ingkar janji terhadap penguatan komisi antikorupsi. Jokowi juga dipertanyakan, apakah benar semenjak awal menyokong ketua KPK yang baru dipilih DPR Irjen Firli Bahuri.

Sementara itu Relawan Jokowi Mania melaporkan pengelola Majalah Tempo ke Dewan Pers di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 16 September 2019.

Sampul majalah Tempo

Sampul Gambar Jokowi-Pinokio, Pandangan Warganet Terbelah

Gedung KPK. (istimewa)

Gedung KPK Didatangi Pengunjuk Rasa Lagi, Ada Anak dan Emak-emak

Ilustrasi/Aksi massa protes bencana kabut asap di Riau yang diduga melibatkan sejumlah korporasi sebagai penyebab kebakaran hutan dan lahan

Bencana Asap di Riau, Ramai-ramai Tag Akun Twitter Jokowi

Presiden Joko Widodo.

Poin yang Ditolak dan Disetujui Jokowi Terhadap Revisi UU KPK

Pegawai KPK membawa bunga dan poster untuk dibagikan kepada warga pada melakukan aksi saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (8/9). - Antara/WAHYU PUTRO A

Revisi UU KPK: DPR Terima Surat Presiden, Poin Apa yang Disetujui?

Presiden Joko Widodo sampaikan belasungkawa atas meninggalnya BJ Habibie.

Jokowi Akan jadi Inspektur Upacara di Pemakaman BJ Habibie

Mereka tidak terima dengan sampul majalah itu di edisi terbaru, yang menampilkan foto atau gambar Presiden Jokowi tapi disertai bayangan dengan hidung panjang mirip tokoh Pinokio.

"Kami melihat bahwa narasi yang diciptakan Tempo seakan-seakan Presiden Jokowi tidak berpihak terhadap pemberantasan korupsi dan ketiga gambar Pinokio itu penghinaan terhadap simbol negara," kata Ketua Umum Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, di lokasi dilansir dari laman VIVAnews.

Immanuel meminta kepada Majalah Tempo untuk meminta maaf dan menarik majalah itu dari peredaran. Karena, ia tidak mau ada kesimpulan dari masyarakat bahwa Jokowi melakukan kebohongan.

Dihubungi terpisah Wakil Redaktur eksekutif Tempo, Setri Yasra mengatakan Tempo mengapresiasi perhatian publik kepada majalah tempo terbaru berjudul janji tingga janji .

"Sesuai amanat uu no 40/1999, majalah tempo memberikan perhatian pada dinamika dalam masyarakat perihal revisi UU KPK. Cover tempo merupakan metafora atas dinamika tadi. Adalah tudingan sejumlah pegiat anti korupsi bahwa presiden ingkar janji dalam penguatan KPK. Tempo telah memuat penjelasan dalam presiden dalam bentuk wawancara," kata Setri kepada VIVA.co.id, Senin 16 September 2019.

Ia memaparkan, Tempo tidak pernah menghina kepala negara sebagaimana dituduhkan. Tempo tidak menggambarkan presiden sebagai pinokio. Yang tergambar merupakan bayangan pinokio.

Redaksi tempo meyakini presiden memahami peran jurnalisme di dalam masyarakat dan menganggap kritik sebagai bagian penting dalam pemeritahannya.

"Kami pasti akan menghormati proses pengaduan yang disampaikan ke Dewan Pers, karena itu ialah langkah yang tepat. Kami akan ikuti semua prosesnya," kata dia.

Loading...

Comments