Gaikindo Setia Menanti Paket Regulasi Industri Otomotif dari Pemerintah

Otomotif

News / Otomotif

Gaikindo Setia Menanti Paket Regulasi Industri Otomotif dari Pemerintah

Gaikindo Setia Menanti Paket Regulasi Industri Otomotif dari Pemerintah

KEPONEWS.COM - Gaikindo Setia Menanti Paket Regulasi Industri Otomotif dari Pemerintah JAKARTA - Wacana terbitnya dua paket kebijakan terkait industri otomotif di Indonesia, disikapi secara optimistis oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Yohannes Na...

JAKARTA - Wacana terbitnya dua paket kebijakan terkait industri otomotif di Indonesia, disikapi secara optimistis oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Yohannes Nangoi. Ditemui wartawan pada Sabtu (27/7/2019), ia menyebut pengumuman paket regulasi terbaru tinggal menunggu waktu.

Momentum tersebut masih akan ditunggu hingga hari terakhir ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Minggu (28/7/2019) ini. "Mungkin jikalau tidak terlaksana hari ini pengumumannya, akan terwujud pada pekan depan. Kebijakannya sendiri sudah ditandatangani dan tinggal diumumkan," ujar Yohannes.

Salah satu faktor yang sempat mengundurkan penandatanganan regulasi terbaru tersebut ialah revisi terhadap beberapa peraturan yang tercantum nanti. Baik peraturan mengenai percepatan regulasi listrik ataupun skema perpajakan kendaraan mewah dengan pembagian terstruktur mengenai emisi alih-alih kapasitas mesin. "Terdapat sejumlah revisi yang intinya sudah sesuai dengan keinginan pelaku industri otomotif," katanya menambahkan.

Pria yang menduduki masa jabatan kedua sebagai Ketua Umum Gaikindo tersebut belum berani mengungkapkan secara mendetail poin peraturan penting dalam regulasi terbaru. Bahkan, Yohannes menolak isu bahwa usulan revisi dalam peraturan tersebut berasal dari Gaikindo.

Isu pengesahan kedua paket peraturan pemerintah tersebut menguat setelah kehadiran Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam ajang GIIAS pekan ini. Terlebih, beredar isu bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan turut berkunjung ke GIIAS pada hari terakhir ini.

(muf)

Comments