Gaet Wisman, Kemenparekraf Gelar Geopark Run Series 2020

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Gaet Wisman, Kemenparekraf Gelar Geopark Run Series 2020

Gaet Wisman, Kemenparekraf Gelar Geopark Run Series 2020

KEPONEWS.COM - Gaet Wisman, Kemenparekraf Gelar Geopark Run Series 2020 Sejumlah taktik telah disiapkan pemerintah Indonesia demi menggaet kembali kepercayaan wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Tanah Air, setelah merebaknya kasus virus corona (COVID-19) di...
Loading...

Sejumlah taktik telah disiapkan pemerintah Indonesia demi menggaet kembali kepercayaan wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Tanah Air, setelah merebaknya kasus virus corona (COVID-19) di banyak sekali negara.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah menyelenggarakan event-event berskala internasional, seperti gelaran Geopark Run Series (GRS) 2020. Acara yang mengusung konsep sport tourism ini dinilai ampuh untuk menarik perhatian wisatawan.

GRS 2020 memang bukan event lari biasa. Selain menjadi wadah bagi peserta untuk menyalurkan hobi olahraganya, mereka juga akan disuguhkan oleh beragam aktivitas dan pengalaman menarik selama acara berlangsung.

Perbedaan paling mencolok bisa dilihat dari rute yang akan dilintasi para peserta. Umumnya, event-event marathon diselenggarakan di tengah kota-kota besar di dunia, seperti Berlin, London, Tokyo, Boston, Chicago, hingga New York. Meski event tersebut diselenggarakan secara besar-besaran, namun rute yang disuguhkan bisa dibilang terlalu monoton, karena hanya melintasi daerah perkotaan dengan pemandangan gedung-gedung tinggi, dan hiruk pikuk penduduk setempat.

Berbeda dengan Geopark Run Series 2020, event hasil kolaborasi 4 daerah di Indonesia ini cenderung menunjukkan rute yang unik dan berbeda. Sesuai dengan namanya, rute yang akan dilintasi peserta merupakan rute-rute spesial dengan suguhan pemandangan alam yang spektakuler.

Mulai dari danau, pantai, pegunungan, hingga daerah perhutanan. Rute tersebut nantinya akan disesuaikan dengan karakteristik atau potensi wisata di masing-masing daerah yang menjadi tuan rumah acara. Keempat daerah geopark itu antara lain, Belitong, Ciletuh, Krakatau, dan Minang. Kegiatan berlangsung secara berseri dimulai dari Tanjung Kelayang, Belitong pada 18-19 April 2020 dan akan diakhiri di Ngarai Sianok, Sumatera Barat pada 28-29 November 2020.

Konferensi Pers

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani, mengatakan,

Geopark Run Series 2020 sebagai event sport tourism sangat efektif untuk mempromosikan Indonesia sebagai destinasi geopark kelas dunia, ujar Rizki Handayani dalam jumpa pers penyelenggaraan "Geopark Run Series 2020" di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (27/2/2020).

Lebih lanjut Rizki mengatakan, event GRS 2020 memberikan dampak langsung berupa awareness adalah terpromosikannya daerah wisata sekitar geopark serta mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

"Event GRS 2020 juga akan meninggalkan legacy yang bermanfaat bagi masyarakat yang akan berkunjung ke geopark melalui kegiatan Crowdfunding dan Crowdsourcing seperti pembuatan tempat sampah, pembersihan pantai, pembangunan toilet umum dan mushola, maupun penanaman bakau sebagai pelestarian alam," tegasnya.

Dia memaparkan, peluang Indonesia untuk menarik wisatawan minat khusus geopark dari seluruh dunia sangat besar karena kita mempunyai lebih dari 30 geopark dengan kekhasan alamnya masing-masing sebagai daya tarik. Termasuk empat geopark adalah; Gunung Batur (Bali), Pegunungan Sewu (Yogyakarta), Ciletuh-Palabuhan Ratu (Jawa Barat), dan Gunung Rinjani (NTB) yang sudah masuk dalam Global Geopark Network atau UNESCO Global Geopark (UGG).

Rangkaian kegiatan GRS 2020 antara lain Field Trip, Ultra Run 60K, Celebration Run 5K/10K/21K, Charity Program, dan diakhiri dengan pesta rakyat adalah mengajak masyarakat untuk terlibat dan menikmati hiburan kesenian dan masakan khas daerah setempat. GRS 2020 akan berlangsung di Belitong (18-19 April 2020), Ciletuh (27-28 Juni 2020), Krakatau (29-30 Agustus 2020), dan Minang (28-29 November 2020).

(hel)

Comments