Foto Jadul Komjen Sigit Calon Kapolri, Begini Penampakannya

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Foto Jadul Komjen Sigit Calon Kapolri, Begini Penampakannya

Foto Jadul Komjen Sigit Calon Kapolri, Begini Penampakannya

KEPONEWS.COM - Foto Jadul Komjen Sigit Calon Kapolri, Begini Penampakannya Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri. Sigit yang kini masih menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini akan menggantikan posisi Jenderal Idham Azi...

Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri. Sigit yang kini masih menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini akan menggantikan posisi Jenderal Idham Azis. Sigit dijadwalkan menjalani fit and proper test di DPR hari ini sebagai salah satu syarat menjadi Kapolri.

Nama Sigit sudah ramai dibicarakan banyak pihak untuk menjadi Kapolri jauh sebelum Presiden Jokowi menentukan pilihannya, hingga menandatangani surat presiden yang dikirim ke DPR.

Hubungan Jokowi dengan Sigit memang sudah terjalin semenjak lama. Faktanya, Sigit pernah menjadi Kapolres di kampung halaman Jokowi di Solo. Kali ini VIVA tidak membahas soal hubungan Sigit dan Jokowi, tetapi mau menampilkan sosok Sigit dari masa lalu.

Sosok Sigit dahulu terekam dalam sebuah foto. VIVA mendapatkan foto jadul Sigit saat masih perwira pertama polisi. Belum diketahui tahun berapa, tetapi di foto tersebut, Sigit terlihat sudah mendapatkan pangkat Ajun Komisaris Polisi atau AKP di pundaknya.

Memakai baju dinas berwarna cokelat lengan panjang diduga pada saat itu Sigit tengah menjabat sebagai Kapolsek. Dari data yang diperoleh VIVA, usai lulus dari Akademi Kepolisian tahun 1991, Sigit pernah menjabat sebagai Kapolsek di Duren Sawit, Jakarta Timur tahun 1999 dan juga Kapolsek Tambora tahun 2003.

Seperti diketahui, Sigit yang merupakan calon Kapolri dengan pangkat bingtang tiga termuda. Karena dia melompati beberapa senior sebelumnya. Dari catatan VIVA, sebelum menjadi calon Kapolri, dahulu Sigit sering mendapat jabatan dinas di daerah Jawa Tengah.

Photo : VIVA/Yandi Deslatama

Sigit pertama menjabat sebagai Kepala Unit II Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Metro Tangerang (1993), Kepala Kepolisian Sektor Duren Sawit (1999), Kepala Kepolisian Sektor Tambora (2003), Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat (2005),

Selanjutnya Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya, Kepala Kepolisian Resor Pati (2009), serta Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010).

Sigit pernah menjadi Wakapolres Semarang, Kapolres Surakata (Solo) tahun 2011. Usai menjaga kampung halaman Jokowi, Listyo dipindahkan dan naik jabatan di Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri tahun 2012.

Lalu pindah tugas jadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara tahun 2013, Ajudan Presiden Presiden Jokowi tahun 2014.

Kariernya meroket, dua tahun jadi ajudan Jokowi, Listyo mendapat jabatan baru adalah jadi Kapolda Banten tahun 2016. Dua tahun kemudian jadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri tahun 2018, dan jabatannya kini Kepala Badan Reserse Kriminal Polri dari tahun 2019 hingga kini sampai dpilih menjadi calon Kapolri.

Sigit yang lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 tercatat tidak begitu banyak menduduki sejumlah jabatan penting di Krops Bhayangkara ini. Pria kelahiran Ambon Maluku 5 Mei 1969 dan beragama Katolik ini bersinar saat muncul dalam pengumuman penetapan status terduga Habib Rizieq Shihab di Polda Metro pada Desember 2020 kemarin.

Comments