Fosil Dinosaurus Seukuran Kelinci Ditemukan di Australia

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Fosil Dinosaurus Seukuran Kelinci Ditemukan di Australia

Fosil Dinosaurus Seukuran Kelinci Ditemukan di Australia

KEPONEWS.COM - Fosil Dinosaurus Seukuran Kelinci Ditemukan di Australia Dinosaurus spesies baru. (Twitter/@LiveScience) Sekelompok peneliti Post-doktoral University of New England menemukan fosil seekor dinosaurus kecil seukuran kelinci dengan kaki belakang yang kuat di...
Loading...

Dinosaurus spesies baru. (Twitter/@LiveScience)

Sekelompok peneliti Post-doktoral University of New England menemukan fosil seekor dinosaurus kecil seukuran kelinci dengan kaki belakang yang kuat di sekitar lembah kuno Australia dan Antartika.

Dilansir dari Live Science, awalnya para arkeolog mengeskavasi batu berusia 125 juta tahun di Victoria, Australia sebelum menemukan fosil tersebut.

Namun menemukan lima fosil rahang yang menyerupai lambung kapal terbalik, para ilmuwan menamai spesies tersebut Galleonsaurus dorisae.

Nama tersebut digunakan sebagai bentuk penghargaan untuk Dorris Seggets-Villers yang juga mendapatkan gelar doktoral saat pencarian fosil tersebut berlangsung.

Setelah dianalisa, tulang dinosaurus tersebut digolongkon sebagai ornitophod, sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan yang mempunyai bentuk kaki seperti burung.

Fosil tersebut terkubur dalam sedimen vulkanik yang terbawa arus pasa masa Creataceous.

Dinosaurus spesies baru. (Twitter/@LiveScience)Dinosaurus spesies baru. (Twitter/@LiveScience)

''Sedimen tersebut terbawa arus sungai menuju lembah menyebabkan banjir dan membentuk lembah hutan baru di mana Galleonsaurus dan dinosaurus lainnya berkembang biak di sini'' ungkap Herne pada Live Science.

Sebelumnya tim yang sama juga pernah mengidentifkasi ornitophod yang lebih kecil, yaitu Diluvicursor pickeringi.

Beberapa kemungkinan menyebutkan G.Dorisae dan D.Pickeringi merupakan spesies saudara dekat hanya selisih 12 juta tahun lebih tua.

Tak hanya itu, tim tersebut juga mengatakan bahwa spesies ini lebih dekat dengan ornithopod dari Patagonia dibanding dengan yang ada di Amerika Utara dan Tiongkok.

Hingga kini fosil dinosaurus G.Dorisae masih terus dikembangkan gambaran-gamabran terestial perihal pertukaran dinosaurus antara benua Gondwana Australia, Amerika Selatan dan Antartika selama periode Creataceous.

Galleonsaurus sendiri merupakan spesies kelima yang teridentifikasi di wilayah Victoria dan spesies dinosaurus ini beragam menyebar dari Australia dan Antartika.

Loading...
Loading...

Comments