Fosil Dinosaurus Raksasa Tertua Ditemukan di Argentina

Internasional

News / Internasional

Fosil Dinosaurus Raksasa Tertua Ditemukan di Argentina

Fosil Dinosaurus Raksasa Tertua Ditemukan di Argentina

KEPONEWS.COM - Fosil Dinosaurus Raksasa Tertua Ditemukan di Argentina Laporan Wartawan Tribunnews, Ria Anatasia JAKARTA - Fosil dinosaurus berukuran 10 x 4 meter ditemukan di provinsi San Juan, Argentina. Para peneliti meyakini temuan ini merupakan spesies dinosaurus I...

Laporan Wartawan Tribunnews, Ria Anatasia

JAKARTA - Fosil dinosaurus berukuran 10 x 4 meter ditemukan di provinsi San Juan, Argentina.

Para peneliti meyakini temuan ini merupakan spesies dinosaurus Ingentia Prima yang berarti 'raksasa pertama'.

Birmingham City Bakal Jadi Tempat Pelabuhan Joe Hart

Ingentia Prima dikelompokan dalam keluarga lessemsaurids dari kelas kelas sauropodomorphs , kerabat dari kelas dinosaurus raksasa lainnya Diplodocus.

Dilansir dari DailyMail, Rabu (11/7/2018), spesies ini merupakan jenis dinosaurus pertama yang bisa tumbuh mencapai ukuran raksasa dengan berat sekira 10 ton.

Eksistensinya diyakini mulai pada masa Triassic, sekitar 210 juta tahun yang lalu.

"Ukurannya sangat besar. Setidaknya dua kali lebih besar dari herbivora lain pada masa itu," kata Cecilia Apaldetti, palaentolog dari National University of San Juan.

"Sampai saat ini kelas hewan ini diyakini sebagai raksasa pertama yang pernah menghuni bumi. Penemuan ini menjadi cahaya baru untuk mengobservasi bagaimana spesien ini dapat tumbuh begitu besar," imbuhnya.

Ketrosden Triasmitra Ungkap Penyebab Putusnya Kabel Laut

Ciri utama dari kelas ini ialah berkaki empat atau 'hewan berkaki kadal, leher dan ekornya panjang, meski tak sepanjang jenis Diplodocus, panjangnya sekitar 10 meter.

"Diobservasi dari tulang pada lingkaran pertumbuhannya, terlihat bahwa mereka bertumbuh dengan sangat cepat," kata Apaldetti.


Fosil Dinosaurus Raksasa Tertua Ditemukan di Argentina
Loading...

Comments