Flu Bisa Picu Serangan Jantung pada Lansia

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Flu Bisa Picu Serangan Jantung pada Lansia

Flu Bisa Picu Serangan Jantung pada Lansia

KEPONEWS.COM - Flu Bisa Picu Serangan Jantung pada Lansia Jangan anggap remeh flu, karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa flu dapat meningkatkan risiko serangan jantung pada lansia. Penelitian terkini yang dilakukan peneliti Richard Webby, asal Kanada, m...

Jangan anggap remeh flu, karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa flu dapat meningkatkan risiko serangan jantung pada lansia.

Penelitian terkini yang dilakukan peneliti Richard Webby, asal Kanada, menemukan bahwa risiko serangan jantung yang akan terjadi flu meningkat lima kali lipat pada lansia. Itu sebabnya vaksinasi influenza sangat direkomendasikan untuk orang dewasa.

"Ini ialah penelitian yang memungkinkan kita membuat hubungan yang lebih spesifik antara infeksi flu dan masalah jantung," kata Richard Webby.

Untuk mendapatkan temuan ini, Webby, menganalisis catatan medis 332 orang lanjut usia yang mengalami flu dan pernah menderita serangan jantung dalam kurun setahun terakhir. Hasilnya menunjukkan bahwa 20 persen lansia yang mengalami serangan jantung, memiliki keluhan flu seminggu sebelumnya. Enam persen di antaranya berakhir dengan kematian.

Ilustrasi vaksin flu. (Sumber: Shutterstock)

"Risiko meningkat hanya di minggu pertama," kata peneliti lain, Dr. Jeffrey Kwong, dari Institute for Clinical Evaluative Sciences di Toronto.

Lalu bagaimana flu bisa memicu serangan jantung? Kwong menjelaskan, flu dapat menyebabkan pembengkakan di arteri koroner dan berakibat pada penyumbatan peredaran darah yang memicu serangan jantung.

Pada lansia, kemampuan paru-paru yang menurun ditambah dengan infeksi flu membuat orang sulit bernafas, sehingga jantung harus memompa lebih keras untuk mengeluarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jadi bila orangtua Anda mengalami flu, segera bawa ke dokter untuk mencegah potensi serangan jantung mendadak.

Comments