Flu Babi Bakal Jadi Pandemi Layaknya Covid-19, Kok Bisa?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Flu Babi Bakal Jadi Pandemi Layaknya Covid-19, Kok Bisa?

Flu Babi Bakal Jadi Pandemi Layaknya Covid-19, Kok Bisa?

KEPONEWS.COM - Flu Babi Bakal Jadi Pandemi Layaknya Covid-19, Kok Bisa? VIRUS flu babi baru dengan kode G4 EA H1N1 telah menjadi perbincangan hangat masyarakat dunia saat ini. Banyak masyarakat yang khawatir bila virus ini berpotensi menjadi pandemi layaknya Covid-19. Dia...

VIRUS flu babi baru dengan kode G4 EA H1N1 telah menjadi perbincangan hangat masyarakat dunia saat ini. Banyak masyarakat yang khawatir bila virus ini berpotensi menjadi pandemi layaknya Covid-19.

Diakui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Ditjen PSP, dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, virus flu babi G4 bisa saja menjadi pandemi layaknya Covid-19. Karena terdapat strain yang berbeda pada virus G4 dibandingkan dengan flu babi H1N1 yang terjadi pada 2009.

Kemenkes: Flu Babi Baru Bisa Jadi Pandemi seperti Covid-19

flu babi

Padahal WHO sepakat flu babi sudah bukan influenza yang bisa menyebabkan pandemi tapi seperti influenza biasa. Virus G4 ini berbeda dan tentunya bisa menyerang saluran pernapasan atas (ISPA), menyerang paru-paru maka kemungkinan bisa menyerang menjadi pandemi, terang dr. Siti, dalam Jumpa Pers Online bersama Kemenkes RI, Kamis (9/7/2020).

Seperti diketahui, virus G4 ini mirip dengan pendahulunya adalah H1N1 yang menyerang dunia pada 2009. Dokter Siti mengatakan, virus G4 ini masuk dalam kategori penyakit influenza yang mempunyai sifat dapat menginfeksi dengan cepat.

Selanjutnya

Comments