Film 'Homecoming' karya Beyoncé bukan sekadar film tentang konser Beyoncé di Coachella

Internasional

News / Internasional

Film 'Homecoming' karya Beyoncé bukan sekadar film tentang konser Beyoncé di Coachella

Film 'Homecoming' karya Beyoncé bukan sekadar film tentang konser Beyoncé di Coachella

KEPONEWS.COM - Film 'Homecoming' karya Beyoncé bukan sekadar film tentang konser Beyoncé di Coachella Film dokumenter Netflix garapan Beyonc yang berjudul Homecoming lebih dari sekadar film perihal perempuan kulit hitam pertama yang menjadi bintang utama festival musik Coachella. Film tersebut menja...
Loading...

Film dokumenter Netflix garapan Beyonc yang berjudul Homecoming lebih dari sekadar film perihal perempuan kulit hitam pertama yang menjadi bintang utama festival musik Coachella.

Film tersebut menjadi sebuah bentuk perayaan budaya masyarakat kulit hitam Amerika yang sarat nilai pendidikan, khususnya perihal Historically Black Colleges and Universities (HBCUs) alias institusi-institusi perguruan tinggi di AS yang didirikan sebelum dibuatnya Undang-undang Hak Sipil tahun 1964 dengan tujuan utama untuk menyediakan pendidikan bagi masyarakat keturunan Afrika.

Hal itu lah yang menjadi dasar utama dari pesan yang ingin disampaikan Beyonc dalam filmnya.

Dalam film tersebut, Beyonc menceritakan betapa ia selalu ingin mendaftar kuliah di HBCU, akan tetapi Destiny's Child, bermacam rintangan, serta banyak sekali godaan dalam dunia selebriti lah yang menjadi pendidikan tingginya.

"Ia tidak berkuliah di HBCU, tapi ia belajar dan mencontoh budaya yang ada di HBCU," ujar Dawn Williams, Dekan Sekolah Pendidikan di Universitas Howard.

"Penjudulan 'Homecoming' (yang dibuat Beyonc ) sendiri cukup menggambarkan seperti apa rasanya. Saya melihat contoh-contoh hal yang kita alami di sini dalam film Homecoming. Tradisi homecoming bukan hanya bagi para alumni, atau mahasiswa yang kembali. Ini ialah sebuah acara komunitas. Kamu akan menemukan beragam jenis orang di sana."

Terlepas dari apakah Kamu artis yang dipuja-puja seperti Beyonc , atau seorang penggemar yang menonton film Homecoming di Netflix, Kamu bisa menghadiri homecoming di HBCU dan juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dari sejumlah orang hebat keturunan Afrika.

Beyonce menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjadi bintang utama festival musik CoachellaGetty Images Beyonce menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjadi bintang utama festival musik Coachella

Dalam film Homecoming, Beyonc memasukkan sejumlah kutipan dan suara dari para pemimpin dan kaum intelektual kulit hitam, dan saya sangat menghargai sebuah kutipan yang ia ambil dari W.E.B Du Bois: "Pendidikan jangan hanya sekadar mengajarkan pekerjaan - ia harus mengajarkan kehidupan."

Lebih dari 100 tahun lalu, ungkapan tersebut dianggap radikal dan sangat memberikan semangat pemberdayaan, dan, bagaimana pun juga, kalimat itu masih meninggalkan dampak yang terus terasa hingga kini.

Kutipan itu berasal dari esai tahun 1903 milik Du Bois berjudul Talented Tenth yang mengejawantahkan baik visinya akan pendidikan tinggi bagi warga kulit hitam, maupun sebagai teguran tajam bagi pesaingnya, Booker T Washington, yang menyokong pemrioritasan pelatihan industri dan pertanian bagi warga kulit hitam.

Comments