Festival Kreatif Lokal Kemenparekraf 'Sampai' di Mandalika

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Festival Kreatif Lokal Kemenparekraf 'Sampai' di Mandalika

Festival Kreatif Lokal Kemenparekraf 'Sampai' di Mandalika

KEPONEWS.COM - Festival Kreatif Lokal Kemenparekraf 'Sampai' di Mandalika Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, telah 'sampai' di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Program kolaborasi antara Kementerian P...

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, telah 'sampai' di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Program kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Adira Finance itu, menyokong 56 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Mandalika, agar menciptakan produk berskala nasional yang dapat bersaing secara internasional.

Head of Regional SSD - Bali & Nusa Tenggara, Surya Almada Syahlani, meyakini pelaku UKM yang menjadi peserta FKL 2021, akan menjadi local heroes yang turut berperan menumbuhkan geliat positif aktivitas ekonomi kreatif di Mandalika, dan pada akhirnya bermuara pada peningkatan perekonomian setempat.

"Kami menilai penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Mandalika, akan membawa para UKM lebih matang dalam menyiapkan produk yang mempunyai daya tarik dengan kualitas prima, sehingga mendapatkan nilai jual lebih tinggi," ujarnya saat Konferensi Pers Pengumuman 9 UKM Finalis Destinasi Super Prioritas Mandalika, yang digelar Adira Finance secara virtual, Kamis 14 Oktober 2021.

Foto areal pantai bukit Seger Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 24 Februari 2019. Photo : ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi Foto areal pantai bukit Seger Daerah Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 24 Februari 2019.

Terutama, menurut Surya, dengan adanya pembangunan sirkuit Mandalika yang turut membantu destinasi super prioritas ini menjadi pusat perhatian dunia, di samping Daerah Ekonomi Khusus (KEK) yang terus mempromosikan daerah tersebut sebagai salah satu primadona tujuan wisata di Indonesia, dengan kekayaan alam dan kearifan budaya lokal.

"Kondisi ini akan menjadi peluang istimewa bagi para UKM untuk menunjukkan diri, sehingga dapat menjadikan Mandalika juga dikenal akan keunikan produk ekonomi kreatifnya," kata dia.

Pendapat yang sama juga dilontarkan Founder e-Camp sekaligus mentor Festival Kreatif Lokal 2021, Kukuh Indra Prasena. Dia berharap peserta FKL di Destinasi Super Prioritas Mandalika, bisa mengoptimalkan potensi usaha dari peluang perhelatan balapan internasional.

"Kegiatan selama Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari rangkaian pelaku UKM untuk menghasilkan terobosan yang inovatif dan nyata sebagai jawaban tuntutan pasar. Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM mendapatkan materi yang relevan sehingga produk dan jasanya dapat mempunyai nilai ekonomi dan kompetitif di pasaran," terangnya.

Dari 56 pelaku UKM di Mandalika yang berasal dari kategori usaha Fesyen, Masakan, dan Kriya, berdasarkan proses pelatihan dan penjurian awal, terpilih 9 UKM local hero yang akan mewakili Mandalika ke babak final Festival Kreatif Lokal.

Sebanyak 9 UKM local hero ini akan menjalani coaching camp yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya ELI dan e-Camp Indonesia, memakai metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka.

Selain itu, 9 UKM local hero ini akan dinilai dewan juri, yang terdiri dari 5 tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang usaha serta ekonomi kreatif. Dewan juri akan menilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model usaha, serta taktik usaha yang dikembangkan para UKM dari tiga kategori Fesyen, Masakan, dan Kriya.

Comments