Festival Jawa-Tondano Dimeriahkan Ribuan Orang

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Festival Jawa-Tondano Dimeriahkan Ribuan Orang

Festival Jawa-Tondano Dimeriahkan Ribuan Orang

KEPONEWS.COM - Festival Jawa-Tondano Dimeriahkan Ribuan Orang Minggu, 05 Maret 2017 | 18:49 WIBSejumlah siswa memainkan alat musik tradisional Polopalo pada Festival Boalemo di Pantai Bolihutuo Boalemo, Gorontalo, 10 September 2015. Festival Boalemo yang menampi...

Minggu, 05 Maret 2017 | 18:49 WIB

Festival Jawa-Tondano Dimeriahkan Ribuan Orang

Sejumlah siswa memainkan alat musik tradisional Polopalo pada Festival Boalemo di Pantai Bolihutuo Boalemo, Gorontalo, 10 September 2015. Festival Boalemo yang menampilkan sejumlah budaya dan wisata bahari Bolaemo tersebut berlangsung 10-14 September 2015. ANTARA FOTO

Gorontalo - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo,menyatakan Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano diadakan untuk ajang silaturahmi etnis Jawa Tondano (Jaton) dari banyak sekali daerah di Indonesia Timur.

"Pada festival ini, empat daerah di Indonesia Timur yaitu Ternate, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo datang dan berpartisipasi sekaligus bersilaturahmi," kata Ketua Panitia Fesbudjaton Syahril Djaafara, di Gorontalo, Jumat.

Festival ini dihelat di Yosonegoro, 1-4 Maret 2017. Panitia menargetkan 10 ribu pengunjung meramaikan Festival yang memasuki tahun ke XII ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo, Ruslan Tatu, mengatakan, pada hari pembukaan festival sudah dikunjungi 2.000 orang. "Banyak sekali jenis promosi sudah kami lakukan untuk memperkenalkan kegiatan ini kepada khalayak ramai, seperti melalui sosmed, radio dan lainnya," kata Ruslan, Jumat, 3/03.

Menurutnya, target tersebut dapat tercapai melihat tingginya animo masyarakat yang ingin menyaksikan banyak sekali kegiatan dan lomba yang ditampilkan. Misalnya: hadrah tradisional, hadrah kreasi, lomba salawat Jowo, tarian Dana-dana, lomba pidato bahasa jaton dan Dames. "Fesbudjaton juga sudah masuk kalender kegiatan pariwisata untuk tahun 2017.

Ruslan menambahkan dengan kian banyaknya pengunjung, perekonomian masyarakat ikur menggeliat.

ANTARA

Comments