Fenomena Super Blue Blood Moon, Dampaknya Bagi Kesehatan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Fenomena Super Blue Blood Moon, Dampaknya Bagi Kesehatan

Fenomena Super Blue Blood Moon, Dampaknya Bagi Kesehatan

KEPONEWS.COM - Fenomena Super Blue Blood Moon, Dampaknya Bagi Kesehatan Jakarta, Gerhana bulan kali ini cukup istimewa karena ada beberapa fenomena terjadi pada satu waktu yakni supermoon, blue moon, dan blood moon. Seperti purnama pada umumnya fenomena ini oleh para ilmu...
Jakarta, Gerhana bulan kali ini cukup istimewa karena ada beberapa fenomena terjadi pada satu waktu yakni supermoon, blue moon, dan blood moon. Seperti purnama pada umumnya fenomena ini oleh para ilmuwan juga dikaitkan dengan banyak sekali fungsi tubuh.

Para ilmuwan di Children's Hospital of Eastern Ontario Research Institute misalnya, membuktikan bahwa durasi tidur anak-anak berkurang rata-rata 5 menit ketika purnama terjadi. Diyakini, ini berhubungan dengan efek gravitasi dan radiasi bulan yang berpengaruh pada sistem pelepasan hormon tertentu.

Penelitian lain di Rhode Island Hospital mengungkap pengaruh purnama pada masa pemulihan sehabis operasi. Jikalau rerata masa pemulihan pada umumnya ialah 14 hari, saat purnama menjadi lebih singkat yakni 10 hari saja.

Banyak sekali teori mencoba menjelaskan keterkaitan tersebut. Salah satunya tidal theory. Teori ini menyebut efek gravitasi berpengaruh pada cairan yang mendominasi 50-60 persen komposisi massa tubuh. Sama seperti efek gelombang pasang di lautan saat purnama terjadi.

Fenomena Super Blue Blood Moon, Dampaknya Bagi KesehatanFoto: Ilustrasi gerhana bulan (Dok LAPAN)
Teori lain ialah brightness theory, yang sepintas lebih masuk akal karena bulan bersinar lebih terang saat bulan purnama. Paparan cahaya yang berlebihan, menurut teori ini akan berpengaruh pada pola tidur. Terbukti, orang dewasa sehat rata-rata tidur 19 menit lebih singkat saat purnama.

Namun teori ini lemah ketika dihadapkan pada situasi masyarakat modern. Dalam kondisi normal sekalipun, paparan cahaya terang pada malam hari sulit dihindari termasuk dari pemakaian gadget yang berlebihan.

(up/up)

Comments