Fenomena Langka, 5 Planet Ini Terlihat Sejajar dari Bumi!

Unik

Ragam / Unik

Fenomena Langka, 5 Planet Ini Terlihat Sejajar dari Bumi!

Fenomena Langka, 5 Planet Ini Terlihat Sejajar dari Bumi!

KEPONEWS.COM - Fenomena Langka, 5 Planet Ini Terlihat Sejajar dari Bumi! Pertama kalinya semenjak dasawarsa lalu, lima planet terlihat sekaligus dari bumi.Susunan Planet Merkurius, Venus, Mars, Saturnus dan Jupiter yang terlihat oleh mata telanjang, bisa disaksikan di lang...


Pertama kalinya semenjak dasawarsa lalu, lima planet terlihat sekaligus dari bumi.

Susunan Planet Merkurius, Venus, Mars, Saturnus dan Jupiter yang terlihat oleh mata telanjang, bisa disaksikan di langit dinihari mulai dari tanggal 20 Januari hingga 20 Februari 2016. Namun, ahli memperingatkan, Merkurius akan memudar mendekati saat-saat akhir kelima planet terlihat bersamaan.

Bila ingin menyaksikannya, direkomendasikan untuk memandangi langit semenjak 45 menit sebelum matahari terbit. Dikutip BBC, pemandangan langka ini terjadi karena kelima planet berada sejajar, selagi semua mengorbit dalam garis melengkung di orbit masing-masing.

Artinya, planet-planet ini terletak dekat dengan orbit bumi.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Ada kesempatan lagi kalau Anda melewatkan pemandangan langit ini. Kelima planet akan terlihat lagi dari 13 hingga 19 Agustus.


Susunan lima planet yang terlihat dari bumi. (foto: Astronomy Now)

Pada ketika itu, kelima planet akan terlihat sekitar dini hari, dan terlihat paling terang dari belahan bumi Selatan.

Pemandangan serupa terlihat dari Bumi pada akhir Desember 2004 hingga Januari 2005, ketika susunan planet-planet terlihat sesuai dengan susunan paling dekat hingga paling jauh dari matahari, yang terdekat Merkurius, disusul oleh Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Kelompok lima planet ini mendapat julukan planet mata telanjang, karena kita tak membutuhkan alat bantu lihat seperti teropong atau teleskop.

Namun, bukan berarti akan mudah menemukannya. Jikalau tak biasa memandang langit, akan sedikit membingungkan membedakan planet-planet di langit yang dipenuhi taburan bintang.

Dikutip dari CNN, triknya ialah memulai dengan menandai planet Venus. Di langit malam, planet ini terlihat paling terang dan mudah ditemukan. Lihat ke bagian Selatan di atas garis cakrawala.

Selanjutnya, cari Jupiter. Planet ini paling terang nomor dua, namun jauh letaknya dari Venus, ada di langit Barat Daya.

Jikalau sudah melihat Venus dan Jupiter, planet-planet lainnya akan mudah terlihat. Mars merupakan titik kemerahan di antara Venus dan Jupiter. Planet kecil itu tak seterang keduanya, namun masih mudah terlihat.

Setelah menemukan Mars, carilah Saturnus, letaknya di antara Mars dan Venus.

Kini, untuk si planet yang tersembunyi, Merkurius. Karena letaknya yang dekat dengan matahari, sedikit sinar matahari yang terlalu terang akan membuatnya lenyap dari pandangan. Namun bila menyaksikannya di tempat yang tak banyak bangunan, pohon-pohonan atau pegunungan, Merkurius akan terlihat seperti titik kecil terang antara Venus dan garis cakrawala.

Comments