Feminisme di Dunia, Apa Yang Kini Diperjuangkan Aktivis Perempuan?

Internasional

News / Internasional

Feminisme di Dunia, Apa Yang Kini Diperjuangkan Aktivis Perempuan?

Feminisme di Dunia, Apa Yang Kini Diperjuangkan Aktivis Perempuan?

KEPONEWS.COM - Feminisme di Dunia, Apa Yang Kini Diperjuangkan Aktivis Perempuan? Feminisme di Dunia, Apa Yang Kini Diperjuangkan Aktivis Perempuan? Feminisme bukanlah sekadar feminisme. Karena di setiap negara berbeda perihal hak-hak perempuan, DW berbicara dengan para aktivis dar...
Feminisme di Dunia, Apa Yang Kini Diperjuangkan Aktivis Perempuan?

Feminisme bukanlah sekadar feminisme. Karena di setiap negara berbeda perihal hak-hak perempuan, DW berbicara dengan para aktivis dari India, AS, Jerman dan Guatemala perihal situasi perempuan saat ini di negara asal mereka. Bagaimana mereka menilai situasi? Di mana keluhan terburuknya? Dan apa yang bisa lakukan untuk melawan?

Penelope Kemekenidou, 31, Jerman

Situasi perempuan di Jerman tidak sebaik yang ingin diakui kebanyakan orang. Dua hari sekali seorang wanita dibunuh oleh pasangannya. Sementara di Spanyol atau Amerika Selatan jutaan orang telah turun ke jalan karena pembunuhan semacam itu, kemarahan kolektif masih belum terasa di sini.

Karena kekerasan terhadap perempuan juga ada hubungannya dengan penggambaran mereka di media, pada 2015 saya mendirikan perhimpunan "Gender Equality Media e.V.". Kami prihatin bahwa pembunuhan terhadap wanita, serangan seksual atau upaya pemerkosaan oleh media tidak disepelekan dengan bahasa tertentu, sehingga pembunuhan juga disebut pembunuhan dan bukan sekadar "drama pasangan yang cemburu". Bagi mereka yang meremehkan kekerasan dalam bahasa juga turut melegitimasinya, karena ini menggeser sistem nilai kita.

Tujuan kami merupakan mengembangkan kode konkret untuk dan dengan jurnalis di masa depan untuk mengakhiri isu yang diskriminatif dan memfitnah perempuan.

Rebeca Lane, 34, Guatemala Di Guatemala, pembunuhan terhadap wanita ialah masalah besar: selain Meksiko, kami mempunyai tingkat pembunuhan wanita tertinggi di dunia. Tetapi mereka hanyalah puncak dari gunung es kekerasan terhadap perempuan. Tahun lalu, misalnya, ada hampir 91.000 kehamilan di antara usia sepuluh hingga 19 tahun - dan itu, kalau saya melihat usia seperti itu, tentu sering melalui pelecehan seksual.

Guatemala ialah negara yang sangat Kristen. Sebagian besar keputusan politik dibenarkan secara agama. Karena itu, tidak ada pendidikan seksual di sekolah dan aborsi dilarang.

Lewat musik saya berjuang melawan kekerasan dan penindasan wanita. Dalam rap dan hip hop saya dapat berbicara dengan sangat baik wacana pengalaman sendiri dan mengangkat tema-tema yang ada. Dengan grup rap saya "Somos Guerreras", yang didirikan pada tahun 2014, kami mengajari para wanita cara membuat lagu rap feminis sendiri.

Gerakan perempuan di negara ini masih sangat kecil, tidak sebanding dengan Meksiko atau Argentina - tentu juga, karena orang pergi dengan pekerjaan feminis dalam bahaya kehidupan nyata. Namun demikian, saya optimis bahwa suatu hari nanti segalanya akan berubah menjadi lebih baik.

Aranya Johar, 20, India

Di India, tuntutan kami untuk negara yang lebih adil dijawab dengan serangan. Untuk meningkatkan kesadaran perihal situasi perempuan dan memulai dialog, saya memakai puisi. Saya memakai label "Brown Girl" karena semenjak kecil saya hanya melihat sedikit atau tidak ada gambaran positif wacana perempuan berkulit coklat di media mainstream.

Pembacaan puisi saya, "A Brown Girl's Guide to Gender", yang menjadi viral pada tahun 2017, telah membuat lebih banyak wanita menyadari bahwa mereka telah mendapatkan panggung dan platform. Mereka mulai memanfaatkan mikrofon untuk menyebarkan cerita, mengklaim hak-hak mereka, dan memulai percakapan yang tidak pernah berhasil menjadi fokus media mainstream.

Di masa depan saya berharap lebih banyak wanita di posisi kepemimpinan, lebih banyak wanita dalam pekerjaan dan gaji yang sama dengan pria. Saya juga berharap agar lebih banyak wanita memilih masa depan mereka sendiri.

Jerin Arifa, Amerika Serikat Kondisi perempuan Amerika sedang tidak baik sekarang. Salah satu alasan utama ialah presiden kita, yang membanggakan kekerasan seksual, tidak ingin melihat masalah-masalah komunitas LGBT, dan mendesak lembaga-lembaga pendidikan untuk mengabaikan kebijakan anti-diskriminasi. Serangan Trump dan orang-orang dari Partai Republik lainnya terhadap hak-hak perempuan merongrong karya para feminis selama beberapa dekade, kalau bukan berabad-abad.

Saya sendiri, seperti ibu saya dan nenek saya, telah menjadi aktivis semenjak kecil. Sebagai seorang feminis Muslim, seorang aktivis yang penuh warna dan pernah tidak mempunyai dokumen, saya mengalami diskriminasi setiap hari. Saya yakin bahwa intersectional feminism diharapkan untuk berhasil. Artinya, perempuan hanya akan bebas kalau kita menghentikan diskriminasi dan ketidakadilan dalam bentuk apa pun, baik ras, asal atau agama.

Organisasi saya didirikan pada 2014 "Young Feminists & Allies" berkomitmen untuk feminisme dan mendorong terutama aktivis wanita muda, karena mereka tidak perlu diberikan perhatian yang sama seperti orang tua.

Usaha untuk kesetaraan tidak mudah. Tetapi semakin banyak orang di seluruh dunia yang menjadi aktivis. Dan itu memberi saya harapan dan energi!

Comments