Feby Febiola Operasi Kista Ovarium, Ini 5 Faktor Risiko Penyebabnya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Feby Febiola Operasi Kista Ovarium, Ini 5 Faktor Risiko Penyebabnya

Feby Febiola Operasi Kista Ovarium, Ini 5 Faktor Risiko Penyebabnya

KEPONEWS.COM - Feby Febiola Operasi Kista Ovarium, Ini 5 Faktor Risiko Penyebabnya Baru-baru ini artis Feby Febiola memberikan kabar yang mengejutkan mengenai kesehatannya. Feby Febiola mengabarkan bila dirinya mengidap kista ovarium. Namun, Feby telah menjalani operasi kista ovariu...

Baru-baru ini artis Feby Febiola memberikan kabar yang mengejutkan mengenai kesehatannya. Feby Febiola mengabarkan bila dirinya mengidap kista ovarium.

Namun, Feby telah menjalani operasi kista ovarium dan kondisinya telah membaik meski harus bed rest. Hal itu diungkapkannya melalui unggahan di akun Instagram @febyfebiola_.

Feby Febiola

Dikutip dari Medicalnewstoday, setiap wanita berisiko untuk mempunyai kista ovarium selama hidupnya. Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan yang diakibatkan dari penumpukan cairan selama ovulasi atau saat indung telur wanita melepaskan sel telur.

(: Feby Febiola Operasi Kista Ovarium, Kenali Gejala Penyakitnya)

Ada sejumlah hal yang dapat meningkatkan faktor risiko seorang wanita mengidap kista ovarium. Berikut lima faktor risiko kista ovarium yang dikutip dari Medicalnewstoday :

1. Endometriosis

Endometriosis terjadi saat bagian dari jaringan yang melapisi rahim (endometrium) terbentuk di bagian luar rahim, seperti pada tuba falopi, ovarium, kandung kemih, usus besar, vagina, atau rektum. Terkadang, kantung berisi darah (kista) terbentuk pada jaringan ini. Kista yang terbentuk karena endometriosis ini disebut dengan endometrioma. Kista ini dapat menyebabkan Kamu merasa sakit saat berhubungan seksual dan selama periode menstruasi.

2. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Wanita dengan sindrom ovarium polikistik mempunyai risiko kista ovarium yang lebih tinggi. Sindrom ovarium polikistik terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup hormon bagi folikel dalam ovarium untuk melepaskan sel telur.

Akibatnya, terbentuklah kista folikel. Sindrom ovarium polikistik juga dapat mengganggu produksi hormon pada wanita, sehingga banyak masalah yang dapat terjadi karena hal ini.

Selanjutnya

Comments