Fakta Tentang Kanker Lidah, Penyakit Yang Awalnya Berawal Dari Sariawan Biasa

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Fakta Tentang Kanker Lidah, Penyakit Yang Awalnya Berawal Dari Sariawan Biasa

Fakta Tentang Kanker Lidah, Penyakit Yang Awalnya Berawal Dari Sariawan Biasa

KEPONEWS.COM - Fakta Tentang Kanker Lidah, Penyakit Yang Awalnya Berawal Dari Sariawan Biasa Fakta Perihal Kanker Lidah, Penyakit Yang Awalnya Berawal Dari Sariawan Biasa - Kanker Lidah masih merupakan penyakit yang masuk dalam urutan pertama pembunuh terbesar, kanker akan menjadi sebuah peny...
Fakta Perihal Kanker Lidah, Penyakit Yang Awalnya Berawal Dari Sariawan Biasa - Kanker Lidah masih merupakan penyakit yang masuk dalam urutan pertama pembunuh terbesar, kanker akan menjadi sebuah penyakit yang begitu mengerikan yang bisa muncul pada nyaris setiap organ manusia. Kalau belakangan kanker ini kanker yang kerap kita dengar dan menakutkan merupakan kanker serviks dan juga kanker payuuudaara, baru-baru ini publik di buat merindung dengan adanya keberadaan kanker lidah.
Ilustrasi Kanker Lidah ( Foto @U-Report )
Meski tidak begitu banyak beritanya yang menyebar ke masyarakat, akan tetapi kanker lidah benar-benar begitu berbahaya. Penyakit mengerikan ini beberapa waktu lalu sudah menjatuhkan nyawa seorang bernama Andrie K Farid. kematian Andrie lantas menjadi viral di sosial media lantaran diceritakan oleh istrinya, Rezy Selvia Dewi.
Awalnya penyakit Andrie itu diketahui hanyalah penyakit umum sariawan saja. Sayangnya, kondisi itu diabaikan dan pelan-pelan pun akhirnya menjadi parah sampai terlambat untuk mengetahui jikalau penyakit itu rupanya merupakan kanker lidah. Karena hal itulah, kita menjadi tahu seperti apa sebenarnya kanker lidah itu dan berikut ini fakta-fakta yang perlu kita ketahui mengenai penyakit ganas ini.
SEKILAS MENGENAI KANKER LIDAH

Paling kerap tumbuh di sel-sel skuamosa pada permukaan lidah, kanker ini juga salah satu penyakit yang begitu mematikan. Kanker lidah bisa tumbuh di bagian lidah depan, dan yang seperti ini sudah masuk pada kategori kanker mulut. Lain halnya dengan kanker yang muncul di bagian pangkal lidah yang masuk dalam kategori kanker orofaring.
BEBERAPA HAL YANG MENJADI PENYEBAB MUNCULNYA KANKER LIDAH !
Meski pun masih belum dirumuskan dengan pasti, ada beberapa hal yang sangat diyakini merupakan penyebab utama kanker lidah. Di urutan paling atas ialah merupakan seorang yang perokok atau mengkonsumsi rokok. Di ketahui, sebanyak 85% kanker itu bersarang pada bagian kepala dan leher termasuk juga pada lidah yang disebabkan karena mengkonsumsi tembakau. Tidak hanya perokok aktif saja akan tetapi juga perokok pasif rutin juga berkemungkinan besar terkena gangguan ini.

Selain rokok, konsumsi alkohol pun juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah. Faktor lain yang juga menjadi penyebab ialah kebersihan mulut. Semakin tidak higienisnya organ mulut maka itu bisa menjadikan penyebab, misal dalam mulut ada luka atau sariawan yang diabaikan. Dan yang paling terakhir yaitu adanya infeksi virus human papillomaviers (HPV) yang bisa menyebabkan pertumbuhan virus kanker itu semakin parah. Penularan HPV sendiri bisa saja terjadi lantaran bersentuhan langsung dengan kulit pengidap.
GEJALA AWAL YANG MUNCUL

Tidak semuanya sama, gejala yang muncul beraneka ragam berbeda-beda, akan tetapi ada beberapa hal yang bisa mengindikasikan kanker lidah. Yang pertama yaitu, sakit tenggorokan terus menerus atau dalam waktu yang panjang. Kedua, sariawan yang tidak juga sembuh dan juga adanya bercak-bercak berwarna putih atau merah pada sekitar lidah. Ketiga, mengalami kesulitan menelan sesuatu hal di tenggorokan. Keempat, adanya pendarahan di lidah dan juga rasa sakit yang datang dari indera pendengaran. Dan yang paling terkhir lidah terasa kebas dalam jangka waktu lama.
Bila mengalami hal itu harap segera memeriksakan ke dokter, agar bisa segera dilakukan penanganan pertama dan melakukan proses penyembuhan.
CARA MUDAH MENCEGAH KANKER LIDAH

Ada tiga hal yang bisa kita lakukan untuk menjauhkan jauh-jauh kanker lidah. Yang pertama, tidak merokok dan jauhi para perokok. Kedua, selalu menjaga kebersihan mulut, khususnya pada bagian lidah. Yang ketiga, selalu rutin mengkonsumsi teh hijau. Para peneliti dari M.D. Anderson Cancer Center, para pasien dengan kanker lidah sebanyak 41 pasien di beri ekstrak teh hijau. Hasilnya, 3 bulan kemudian 59% mengalami penurunan ukuran tumor. Lantaran hal itulah rutin - rutin mengkonsumsi Teh hijau ya gaes untuk menurunkan risiko terjangkitnya kanker lidah.
Tidak seperti kanker - kanker yang lainnya, kanker lidah datangnya terkadang tidak kita ketahui, yuk gaes mari dibantu dishare postingan ini sebanyak-banyaknya dan semoga bermanfaat :) Terima Kasih

Comments