Fakta Menarik: Protokol Kesehatan Covid-19 Sudah Diterapkan Sejak Flu Spanyol 1918

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Fakta Menarik: Protokol Kesehatan Covid-19 Sudah Diterapkan Sejak Flu Spanyol 1918

Fakta Menarik: Protokol Kesehatan Covid-19 Sudah Diterapkan Sejak Flu Spanyol 1918

KEPONEWS.COM - Fakta Menarik: Protokol Kesehatan Covid-19 Sudah Diterapkan Sejak Flu Spanyol 1918 INDONESIA masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Per Minggu (2/8/2020), BNPB telah mencatat bahwa kasus positif di Indonesia telah menembus angka 111.455 kasus. Namun di tengah pandemi Covid-19 saat...

INDONESIA masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Per Minggu (2/8/2020), BNPB telah mencatat bahwa kasus positif di Indonesia telah menembus angka 111.455 kasus.

Namun di tengah pandemi Covid-19 saat ini, para ahli kesehatan dilaporkan masih terus berupaya menciptakan vaksin corona, sembari menggali lebih dalam lagi berita seputar virus tersebut. Ada satu berita menarik yang disampaikan oleh Sejarawan Universitas Indonesia Dr. Tri Wahyuning M. Irsyam, MSi.

Dia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia dan sebagian besar negara di dunia, sejatinya tak jauh berbeda dengan Flu Spanyol pada 1918 silam.

Ada Karyawan Positif Covid-19 di Kantormu, Tracing Rapid Test Aja Enggak Cukup!

Pemerintah Hindia Belanda atau Indonesia pada saat itu juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, meliputi memakai masker, tinggal di rumah dan menjaga kebersihan, layaknya yang dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk penanganan pandemi Covid-19 saat ini.

covid

Dalam memberikan imbauan itu, Pemerintah Hindia Belanda melakukannya melalui banyak sekali upaya, antara lain melalui kampanye mobil kesehatan. Menurut Tri, hal tersebut lebih efektif dilakukan mengingat masih banyak keterbatasan pada saat itu.

Secara rajin, mobil kesehatan berkeliling kota untuk mengingatkan bahwa penyakit tersebut berbahaya dan bisa mematikan. Jadi lebih baik kalau tidak perlu tinggal di rumah, tetap memakai masker, dan juga tetap jaga kebersihan. Itu yang disampaikan terus dan terus dan terus, jelas Tri di Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (2/8/2020).

Selanjutnya

Comments