Fakta-Fakta Tol Langit yang Bikin Lancar Jaringan Komunikasi

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Fakta-Fakta Tol Langit yang Bikin Lancar Jaringan Komunikasi

Fakta-Fakta Tol Langit yang Bikin Lancar Jaringan Komunikasi

KEPONEWS.COM - Fakta-Fakta Tol Langit yang Bikin Lancar Jaringan Komunikasi JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol langit. Di mana, peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan digital oleh Presiden Jokowi yang didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasuti...
Loading...

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol langit. Di mana, peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan digital oleh Presiden Jokowi yang didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menkominfo Rudiantara.

Jaringan internet cepat yang menghubungkan dari Merauke di daerah Timur sampai ke Sabang di daerah Barat Indonesia. Hal itu, merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada para operator seluler agar bisa menciptakan akses komunikasi yang lebih merata.

Presiden Jokowi Bangun Tol Langit, Ini Penjelasan Kepala Bappenas

Infrastruktur tol langit yang bernama Palapa Ring tersebut dipersiapkan. Agar seluruh provider berperan menuntaskan masalah ketersediaan sinyal ke masyarakat.

Oleh alasannya adalah itu, Jakarta, Minggu (20/10/2019), Okezone merangkum fakta-fakta tol langit tersebut. Berikut faktanya.

Palapa Ring

1. Tol Langit Bisa Perkuat Perdagangan UMKM ke Pasar Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, konektivitas digital harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa, untuk penguatan persatuan dan persaudaraan, dan untuk memperbaiki pendidikan.

Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara

Dan untuk memperkuat perdagangan kita, menghubungkan produk-produk UMKM ke jaringan pasar nasional, bahkan global, kata Presiden Jokowi.

Namun demikian, Kepala Negara menegaskan, perkembangan teknologi digital dan konektivitas yang semakin cepat tidak boleh disalahgunakan.

Ujaran kebencian ndak, ndak boleh digunakan untuk ini. Ini bukan untuk hal-hal yang itu. Untuk fitnah ndak, untuk hoaks ndak, untuk fake news ndak, ini yang harus dicegah, tegas Kepala Negara.

2. Lokasi Palapa Ring Terhambat di Indonesia Timur

Terkait Palapa Ring itu, Presiden Jokowi mengatakan, memang yang paling berat, agak mundur memang di Indonesia Bagian Timur. Karena medannya, tambah Presiden, terutama di Papua, medannya sangat berat sekali, dan tidak semua yang ada di Papua memakai fiber optic, baik di laut maupun di darat.

Banyak yang memakai antena besar, memakai microwave, beberapa kabupaten. Dan membawanya itu ke tempat-tempat yang ingin didirikan menaranya juga tidak mudah. Inilah kesulitan lapangan di Indonesia, terang Presiden.

Kini setelah peresmian Palapa Ring, Presiden Jokowi berjanji akan mencek langsung kualitas sambungan internet. Kalau nanti ke Wamena, Biak, atau ke Nabire, Presiden berjanji akan cek lagi bener ndak sih ini.

Karena kalau ke sana pasti, apa ke Rote Ndao di NTT juga ininya komplainnya, keluhan dari masyarakat. Pak, ini di sini lemot banget Pak. Ya ini mau saya coba, bener ndak laporannya Pak Menteri, ungkap Presiden Jokowi.

Selanjutnya

Comments