Fakta-fakta Soal Ikan Tuna Rp44 Miliar yang Perlu Anda Tahu

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Fakta-fakta Soal Ikan Tuna Rp44 Miliar yang Perlu Anda Tahu

Fakta-fakta Soal Ikan Tuna Rp44 Miliar yang Perlu Anda Tahu

KEPONEWS.COM - Fakta-fakta Soal Ikan Tuna Rp44 Miliar yang Perlu Anda Tahu JAKARTA - Seseorang biasanya dianggap luar biasa, misalnya, karena bisa membeli mobil mewah Koenigsegg CCXR Trevita seharga puluhan miliar. Namun, ada juga orang yang lebih luar biasa karena sanggup...
Loading...

JAKARTA - Seseorang biasanya dianggap luar biasa, misalnya, karena bisa membeli mobil mewah Koenigsegg CCXR Trevita seharga puluhan miliar. Namun, ada juga orang yang lebih luar biasa karena sanggup membeli seekor ikan tuna sirip biru seharga Rp44 miliar.

Dia ialah Kiyoshi Kimura, seorang pengusaha restoran asal Jepang yang berani memecahkan rekor pembelian ikan termahal sepanjang sejarah senilai 3,1 juta dolar AS atau sekitar Rp44 miliar dengan berat mencapai 278 killogram pada awal 2019 lalu.

Penasaran seperti apa ikan tuna setelah dibeli sang pengusaha restoran? Dikutip dari CekAja.com, uuk simak hal-hal mengenai Kiyoshi, lelang dan cerita wacana ikan tuna:

Dijual dengan harga reguler

Dengan harga sebesar itu, ikan yang fantastis tersebut dihargai sekitar 5.000 dolar AS per ponnya. Harga ikan ini merupakan dua kali lipatnya dibandingkan dengan harga lelang pada 2013 silam.

Setelah dibeli, ikan ini akan dijual di restoran Sushizanmai milik sang pengusaha. Namun, tampaknya satu porsi ikan ini dijual dengan harga reguler adalah sekitar 200 dolar AS atau sekitar Rp2,8 juta per porsi.

Peringati Hari Antikorupsi, Kemenkeu Lelang Barang Rampasan dan Gratifikasi

Si raja tuna

Kiyoshi Kimura boleh menggelontorkan uangnya untuk membeli ikan tuna yang mencapai Rp44 miliar. Dan bagi sebagian orang, harga ikan ini tak masuk akal. Tapi bagian sebagian lain ini merupakan sebuah investasi branding bagi Kiyoshi.

Nyatanya, ia telah mendapat julukan si raja tuna karena sering membeli tuna dengan harga yang fantastis. Pada 2017 misalnya, ia berhasil menggondol seekor ikan tuna dengan harga Rp8,5 miliar dengan berat 212 kilogram di Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang.

Kimura juga pernah mengeluarkan kocek sebesar Rp24 miliar pada lelang 2013 lalu dengan mengalahkan sang pengusaha ikan asal Hong Kong. Pria yang mempunyai 51 gerai Sushizanmai ini sudah kali kedelapan mengikuti lelang ikan tuna ini.

Salah satu testoran sushi terbaik

Menjumpai restoran sushi di Jepang ibarat melihat berjejernya warteg di Indonesia yang ada di mana-mana. Maka tak heran jikalau banyak sekali restoran sushi di Jepang bakal bikin Kamu pusing saat memilih makan di restoran mana.

Namun, kalau mendengar nama Sushizanmai, sudah tentu ini ialah salah satu restoran sushi terbaik di Tsukiji, Jepang. Restoran ini sangat melekat di hati para pecinta sushi karena terkenal dimiliki oleh seorang raja tuna Kiyoshi Kimura.

Restoran Sushizanmai menjadi terkenal karena hampir setiap tahun selalu memenangkan lelang ikan tuna dengan harga paling mahal. Salah satunya elang ikan yang digelar awal tahun ini.

tuna

Restoran ini telah mempunyai beberapa cabang di luar daerah Tsukiji dengan memakai gaya sushi berputar dan sushi bar. Restoran ini buka selama 24 jam setiap harinya.

Branding ikan tuna jadi mahal

Masyarakat Jepang mempunyai budaya yang cukup bagus untuk membangun brand bahwa ikan tuna merupakan ikan paling mahal yang dicari orang.

Setiap tahunnya di Pasar Ikan Tsukiji selalu menggelar lelang ikan tuna dengan harga miliaran. Lelang biasanya dibuka dengan harga mahal hingga akhirnya ada yang membeli dengan harga super fantastis.

Inilah cara Jepang membuat citra ikan tuna menjadi lebih terangkat dibandingkan dengan ikan-ikan lain di negara lain pula. Di Indonesia saja, ikan tuna hanya bisa dijual dengan harga ratusan juta atau jauh dibandingkan dengan Jepang.

Maka tak heran kalau pasar ekspor ikan tuna asal Indonesia banyak ke Jepang karena harganya yang menggiurkan dibandingkan dengan menjual di dalam negeri. Warga Jepang juga termasuk sebagai salah satu pengkonsumsi ikan tuna terbesar di dunia.

(kmj)

Loading...
Loading...

Comments