Fakta-Fakta Jelang Kenaikan Harga Rokok, Inflasi Mulai Terasa

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Fakta-Fakta Jelang Kenaikan Harga Rokok, Inflasi Mulai Terasa

Fakta-Fakta Jelang Kenaikan Harga Rokok, Inflasi Mulai Terasa

KEPONEWS.COM - Fakta-Fakta Jelang Kenaikan Harga Rokok, Inflasi Mulai Terasa JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara dengan industri tembakau terbanyak di dunia. Tak heran, industri ini menjadi salah satu sektor perekonomian terbesar di Tanah Air. Selain itu, negara in...

JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara dengan industri tembakau terbanyak di dunia. Tak heran, industri ini menjadi salah satu sektor perekonomian terbesar di Tanah Air.

Selain itu, negara ini juga terdapat banyak perokok. Inilah yang menyebabkan rokok laku di Indonesia.

Akibatnya, pemerintah menaikkan cukai rokok sebesar 21% mukai tahun depan, sehingga menyebabkan harga rokok menaik drastis.

Berikut ini fakta seputar kenaikan harga rokok yang dirangkum oleh Okezone.com pada Sabtu (7/12/2019):

50 Kota Sudah Naikkan Harga Rokok, Paling Tinggi di Sibolga

Rokok

1. Penjual Rokok Mulai Menaikkan Harga Rokok agar Tidak Kaget

Pemerintah akan menaikkan tarif cukai rokok rata-rata sebesar 21% mulai 1 Januari 2020. Kenaikan cukai rokok ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 152 Tahun 2019 yang dikeluarkan pada 24 Oktober.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, kenaikan cukai ini nantinya tidak akan berpengaruh besar terhadap harga. Pasalnya, para penjual rokok sudah mulai menaikan harga rokoknya secara bertahap semenjak Oktober.

Misbakhun Pertanyakan Kenaikan Cukai Rokok Tanpa Izin DPR

"Rokok kretek memang selalu menyumbang inflasi 0,01%. Tapi di pedagang sana sudah mengantisipasi kenaikan (cukai) pada Januari. Pedagang tidak akan menaikkan seperti itu (sekaligus tapi bertahap)," ujarnya.

Menurut Suhariyanto, para pedagang ini mulai menaikan harga rokoknya sedikit demi sedikit. Tujuannya merupakan agar para pelanggan rokok tidak kaget ketika cukai rokok dinaikan pada 1 Januari 2020.

Selanjutnya

Comments