Ethiopia: 'Tersangka dalang kudeta dibunuh' setelah panglima militer tewas ditembak

Internasional

News / Internasional

Ethiopia: 'Tersangka dalang kudeta dibunuh' setelah panglima militer tewas ditembak

Ethiopia: 'Tersangka dalang kudeta dibunuh' setelah panglima militer tewas ditembak

KEPONEWS.COM - Ethiopia: 'Tersangka dalang kudeta dibunuh' setelah panglima militer tewas ditembak Seorang perwira militer yang merupakan terduga dalang kudeta di daerah Amhara, Ethiopia, telah tewas ditembak mati, menurut kepolisian setempat. Brigadir Jenderal Asaminew Tsige, sebagaimana diterangk...

Seorang perwira militer yang merupakan terduga dalang kudeta di daerah Amhara, Ethiopia, telah tewas ditembak mati, menurut kepolisian setempat.

Brigadir Jenderal Asaminew Tsige, sebagaimana diterangkan pihak berwenang, dibunuh ketika dia berupaya melarikan diri dari lokasi persembunyiannya di ibu kota negara bagian Amhara, Bahir Dar.

Upaya kudeta di negara bagian tersebut mengemuka ketika Panglima Militer, Jenderal Seare Mekonnen, ditembak mati oleh pengawalnya sendiri di rumahnya di ibu kota Addis Ababa, pada Sabtu (22/06).

Sang jenderal, menurut pemerintah, dibunuh selagi berupaya menggagalkan upaya kudeta.

Selain Jenderal Mekonnen, Gubernur negara bagian Amhara, Ambachew Mekonnen, juga tewas dibunuh di Bahir Dar. Keduanya dipandang sebagai sekutu dekat Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed.

Dalam pidatonya kepada rakyatnya, PM Abiy Ahmed mendorong semua warga bersatu melawan kekuatan "jahat" yang berusaha memecah belah negara.

Bendera dikibarkan setengah tiang setelah pemerintah menetapkan hari berkabung untuk menghormati kematian Jenderal Seare Mekonnen dan Gubernur Ambachew Mekonnen.

Di tengah suasana berkabung, pasukan propemerintah dikerahkan dalam jumlah besar di Bahir Dar dan ibu kota Ethiopia, Addis Ababa.

Pihak berwenang juga mematikan internet di seluruh penjuru negeri.

mapBBC

Semenjak terpilih menjadi perdana menteri melalui pemilu tahun lalu, PM Abiy berupaya mengubah Ethiopia.

Comments