Esemka Disebut Duplikasi Mobil China, Ini Tanggapan Menperin

Otomotif

News / Otomotif

Esemka Disebut Duplikasi Mobil China, Ini Tanggapan Menperin

Esemka Disebut Duplikasi Mobil China, Ini Tanggapan Menperin

KEPONEWS.COM - Esemka Disebut Duplikasi Mobil China, Ini Tanggapan Menperin JAKARTA - Sehari setelah peresmian pabrik Esemka di Boyolali, PT Solo Manufacture Kreasi (SMK) juga meluncurkan model perdananya pikap bernama Bima. Sayangnya model perdana tersebut ramai dibicarakan...

JAKARTA - Sehari setelah peresmian pabrik Esemka di Boyolali, PT Solo Manufacture Kreasi (SMK) juga meluncurkan model perdananya pikap bernama Bima. Sayangnya model perdana tersebut ramai dibicarakan mempunyai kemiripan dengan mobil produk Changan asal China.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hatarto mengungkap bahwa, saat ini industri otomotif global sudah multiplatform. Dimana beberapa produsen saling bekerjasama kolaborasi menghasilkan produk unggulannya.

Mobil Esemka

"Ya, kalau industri otomotif hari ini sudah multiplatform. Sebagai contoh Toyota dan Daihatsu sudah multiplatform, kemudian juga Nissan dan Mitsubishi sudah multiplatform, kita bicara di luar negeri SsangYong telah bekerjasama dengan Mercedes, platformnya satu, di Italia sama Spanyol ada Seat dengan Fiat platformnya satu," ungkap Airlangga di Jakarta.

Esemka

Setiap industri otomotif bisa melakukan kerjasama, sebagai langkah mengurangi beban pengembangan dan riset terhadap produk terbarunya. Dengan penggunaan satu platform setiap produsen bisa menghemat biaya cukup besar, dan pengembangan dilakukan bersama.

Selanjutnya

Comments