ESA Bakal Kirim Robot Pembersih Sampah Luar Angkasa

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

ESA Bakal Kirim Robot Pembersih Sampah Luar Angkasa

ESA Bakal Kirim Robot Pembersih Sampah Luar Angkasa

KEPONEWS.COM - ESA Bakal Kirim Robot Pembersih Sampah Luar Angkasa JAKARTA - Pada 2025, ESA berencana meluncurkan pengumpul sampah pertama di dunia yang mengorbit di luar angkasa. Pengumpul sampah tersebut berupa robot dengan empat tangan yang melacak sampah di luar...

JAKARTA - Pada 2025, ESA berencana meluncurkan pengumpul sampah pertama di dunia yang mengorbit di luar angkasa. Pengumpul sampah tersebut berupa robot dengan empat tangan yang melacak sampah di luar angkasa.

Dilansir dari Sciencealert, ada lebih dari 500.000 sampah yang melayang di luar angkasa. Bila sampah tersebut tidak segera dibersihkan, maka risiko tabrakan antara pesawat luar angkasa yang terbang dengan sampah tersebut akan semakin besar.

"Bayangkan betapa berbahayanya berlayar di laut lepas kalau semua kapal yang hilang masih berada di atas air. Itulah situasi saat ini di orbit dan itu tidak bisa dibiarkan berlanjut," kata Jan W rner, Direktur Jenderal European Space Agency (ESA).

Misi pertama robot ini dinamakan ClearSpace-1. Misi dimulai dengan hanya mengambil sepotong sampah dari luar angkasa untuk membuktikan konsep kerja robot tersebut.

Potongan sampah ini beratnya kira-kira sama dengan satelit kecil dan mempunyai bentuk sederhana yang membuatnya mudah untuk digenggam dengan empat lengan robot. Setelah aman di lengan robot, sampah akan dibawa keluar dari orbit dan dibiarkan terbakar di atmosfer.

Pada 2025, ESA berencana meluncurkan pengumpul sampah pertama di dunia yang mengorbit di luar angkasa.

NASA Kirim Pesawat Luar Angkasa Tabrak Matahari, Ini Hasil Temuannya

Selanjutnya

Comments