Era Kendaraan Listrik Mulai Bergulir di Indonesia

Otomotif

News / Otomotif

Era Kendaraan Listrik Mulai Bergulir di Indonesia

Era Kendaraan Listrik Mulai Bergulir di Indonesia

KEPONEWS.COM - Era Kendaraan Listrik Mulai Bergulir di Indonesia Dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, yang bergulir di ICE, BSD, Tangerang, akhir Juli lalu, beberapa pabrikan otomotif mulai memamerkan beragam kendaraan listrik. Seb...

Dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, yang bergulir di ICE, BSD, Tangerang, akhir Juli lalu, beberapa pabrikan otomotif mulai memamerkan beragam kendaraan listrik.

Sebuah keniscayaan, kalau teknologi elektrifikasi merupakan jawaban mobilitas di masa depan, demi lingkungan yang lebih baik.

Beragam jenis kendaraan listrik, muncul di lantai pameran, cukup beragam, bukan hanya berupa kendaraan beroda empat saja, namun juga ada sepeda motor.

Pun ada perwakilan dari kendaraan niaga, produsen truk yang memamerkan produk canggih mereka, yaitu Hino Dutro Hybrid. Truk tersebut dibekali dengan dua penggerak, adalah mesin konvensional yang membutuhkan bahan bakar sebagai sumber energi, dan motor elektrik serta baterai untuk menyuplai listrik.

Suzuki Siapkan SUV Termurah di Dunia, Hanya Rp79 Juta

Selain itu, Toyota menggelar acara spesial untuk memperingati 10 tahun keberadaan produk Hybrid di Tanah Air. Toyota merupakan satu-satunya merek mobil yang pertama kali menghadirkan sekaligus menjual mobil berteknologi elektrifikasi di Indonesia, semenjak 2009 lewat Prius Hybrid.

Pada kesempatan itu, mereka juga mengenalkan Prius Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV). Perbedaan antara Prius Hybrid dengan Prius PHEV merupakan, model yang terakhir dapat diisi ulang baterainya melalui stasiun pengecasan atau listrik rumah.

Mobil hibrida Toyota Prius Hybrid

Jadi, pemilik tidak perlu sering-sering mengisi tangki bensin, cukup mencolokkan kabel ke soket listrik yang tersedia. Saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) merupakan agen pemegang merek yang mempunyai line-up paling lengkap memberikan terknologi Toyota Hybrid System.

Mobil Esemka Garuda.

Esemka Sudah Punya Ilmu Bikin Mobil Canggih

Quick charging mobil listrik di Gedung BPPT, Jakarta

Quick Charging Mobil Listrik Ada di Jakarta, 30 Menit Langsung Full

Kendaraan melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta

Jakarta Gelar Balap Mobil Listrik, Setrumnya dari Mana?

Wuling Sudah Punya Dua Kandidat Mobil Listrik untuk Indonesia

Mobil listrik Wuling E100.

Wuling Masih Galau Jualan Mobil Listrik di Indonesia

Ilustrasi mobil listrik.

DPR Sebut Sulteng Lokasi Strategis Bangun Pusat Mobil Listrik

Beberapa produk ini membentang dari banyak sekali segmen kendaraan, mulai dari sedan menengah Camry Hybrid, MPV premium Alphard Hybrid, croosover C-HR Hybrid, dan tentu saja hatchback Prius Hybrid.

Toyota C-HR Hybrid

Masih dari lantai pameran, Mitsubishi juga mulai menjual Outlander PHEV. Mekanisme teknologi PHEV Outlander serupa tapi tak sama dengan Prius. Sport Utility Vehicle (SUV) menengah ini bisa menyuplai tenaga listrik saat peredaran listrik rumah padam.

Kalau Kamu sempat berkunjung ke stan Nissan, juga ada mobil yang cukup menarik perhatian. Diberi nama Leaf, mobil tersebut digerakkan oleh energi listrik oleh baterai alias battery electric vehicle (BEV), salah satu bentuk teknologi elektrifikasi.

Mobil listrik Nissan LEAF

Pabrikan mobil asal Jerman, BMW juga resmi meluncurkan sekaligus membuka pesanan mobil kota yang juga berteknologi BEV, yaitu i3s.

Kehadiran mobil-mobil tersebut, merupakan untuk menunjukkan bahwa para produsen otomotif di Indonesia sudah siap melangkah ke era kendaraan berteknologi elektrifikasi. Pemerintah berharap, pada 2020 populasi kendaraan rendah emisi bisa mencapai 10 persen, dan naik menjadi 20 persen di 2025.

Comments