Epik! Upacara Peringatan 17 Agustus di Puncak Gunung

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Epik! Upacara Peringatan 17 Agustus di Puncak Gunung

Epik! Upacara Peringatan 17 Agustus di Puncak Gunung

KEPONEWS.COM - Epik! Upacara Peringatan 17 Agustus di Puncak Gunung - Ketika ini ada banyak sekali kegiatan yang bisa dinilai sebagai bentuk peringatan hari kemerdekaan. Jadi, tidak hanya sebatas dengan melakukan upacara 17 Agustus di sekolah, universitas, maupun di k...

- Ketika ini ada banyak sekali kegiatan yang bisa dinilai sebagai bentuk peringatan hari kemerdekaan. Jadi, tidak hanya sebatas dengan melakukan upacara 17 Agustus di sekolah, universitas, maupun di kantor.

Semakin berkembangnya peradaban semakin berkembang pula teknologi, gaya hidup, dan juga pemaknaan terhadap segala sesuatu. Salah satunya ialah dengan menggabungkan hobi traveling dan rasa nasionalisme, seperti merayakan kemeriahan 17 Agustus di atas gunung.

Memang, terdengar tidak biasa dan jauh dari kebiasaan yang selama ini dilakoni. Namun, kegiatan itu tentu akan memberi pengalaman tak terlupakan. Malahan bagi sebagian orang, memperingati hari merdekanya Indonesia di puncak gunung akan lebih memiliki makna mendalam dan juga meresapi hasil usaha para pahlawan.

Berencana untuk melakukan upacara 17 Agustus di atas gunung tahun ini? Simak dulu daftar rekomendasi gunung dengan pemandangan indah sebagai tempat pelaksanaan upacara bendera.

1. Gunung Semeru (3676 mdpl)

Lokasi: Desa Ranupani, Kecamatan Senduro. Berada di dua daerah Kabupaten Lumajang dan Kota Malang.Gunung SemeruPemandangan dari atas Gunung Semeru.

Gunung yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini ialah salah satu gunung dengan pemandangan terindah yang bisa dijadikan lokasi upacara 17 Agustus nanti.

Sayangnya, dikarenakan gunung ini masih aktif dan berstatus waspada di level dua, tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas di atas puncak. Namun, upacara masih bisa dilakukan di area lereng Kali Mati.

Bayangkan ketika Anda melakukan penghormatan pada bendera merah putih yang berkibar dengan pemandangan Gunung Semeru yang berdiri kokoh di belakangnya. Pasti akan membuat bulu kuduk berdiri bahkan hingga menitikkan air mata.

Biasanya, saking menariknya kegiatan upacara 17 Agustus di Gunung Semeru, tidak hanya dihadiri oleh pendaki berbangsa Indonesia, tapi juga turis dan pendaki dari bangsa lain yang memang sedang menikmati pemandangan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Kalau sudah begitu wajib untuk merasa sangat bangga.

2. Gunung Prau (2565 mdpl)

Lokasi: Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Temanggung.Gunung PrauPemandangan puncak Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dari atas puncak Gunung Prau.

Dengan ketinggian 2.565 mdpl, gunung yang berada di area Dieng, Wonosobo ini bisa jadi salah satu tempat untuk melakukan upacara 17 Agustus nanti. Keindahan panorama yang ditawarkan akan bisa menyihir siapa pun yang memandangnya. Akan lebih epik lagi ketika menikmatinya sambil melihat bendera merah putih yang berkibar dengan gagahnya.

Sangat direkomendasikan datang ke sini sebelum matahari terbit. Niscaya Anda akan mendapatkan pemandangan paling spesial dalam hidup. Ketika matahari beranjak lebih tinggi secara perlahan akan terlihat juga Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan bahkan Gunung Merbabu.

Sebelum mendaki dan melakukan upacara bendera, pastikan untuk melakukan persiapan yang sangat matang. Suhu udara di atas gunung tersebut bisa sangat dingin, sayangnya di atas sana tidak diizinkan untuk membuat api unggun. Jadi, membawa perlengkapan mendaki dan baju hangat yang lengkap ialah sebuah keharusan.

3. Gunung Rinjani (3726 mdpl)

Lokasi: Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.Gunung RinjaniPemandangan dari atas puncak Gunung Rinjani.

Ketika ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Gunung Rinjani. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini wajib masuk ke dalam daftar gunung indah untuk melaksanakan upacara 17 Agustus-an.

Bisa dibilang kalau Gunung Rinjani merupakan gunung terfavorit untuk didaki. Selain karena suhunya yang relatif hangat sekitar 12 C hingga 20 C, gunung ini memiliki pemandangan yang sangat apik yang berbeda dari gunung lainnya.

Melakukan upacara bendera di atas puncak gunung ini ialah hal yang lumrah dilakukan bagi para kelompok pendaki dan pecinta alam. Meskipun di bulan Agustus angin yang berembus di sana lumayan kencang, namun tetap tidak menyurutkan niat mereka untuk mengibarkan Sang Saka di atas sana.

4. Gunung Merbabu (3145 mdpl)

Lokasi: Di daerah Semarang, Boyolali, dan Magelang, Jawa Tengah.Gunung MerbabuPemandangan Gunung Merbabu dari atas puncak.

Berstatus sebagai gunung berapi yang sudah tidak aktif membuat Gunung Merbabu tergolong menjadi gunung yang aman sebagai tempat pelaksanaan upacara 17 Agustus di puncaknya. Di atas sana, Anda bisa menikmati lanskap apik nan epik di sekitarnya.

Sembari melihat bendera merah putih yang berkibar, Anda juga bisa melihat langit biru yang dihiasi awan putih bergulung-gulung sambil berarak perlahan. Suasana seperti itu tentu akan membuat hati terenyuh sekaligus bangga telah terlahir di Indonesia dengan alam yang begitu indahnya.

Itulah tadi empat rekomendasi gunung yang bisa dijadikan lokasi pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus yang epik.

Semakin tertarik untuk memberi penghormatan pada Sang Saka Merah Putih sambil menyanyikan Indonesia Raya? Langsung buat rencana perjalanan dan beli tiket pesawat sekarang.

Dapatkan harga menarik dari Reservasi.com. Pesan tiket pesawat murah sekarang dan nikmati diskon hingga Rp.1 Juta tanpa minimum transaksi!

Comments